KPU Rakit 1.778 Kotak Suara Pemilu

BUKITTINGGI, METRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi merakit 1.778 kotak suara yang akan dipergunakan pada Pemilu 17 April 2019 nanti. Perakitan tersebut melibatkan 21 orang tenaga dari Sekretariat, bertempat di GOR Bermawi Gulai Bancah.
Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Kota Bukittinggi, Yasrul, menuturkan, dibutuhkan waktu dua hari untuk dapat merakit kotak suara tersebut dan berakhir sore tadi dalam kondisi aman dan terkendali.
“Secara bertahap kebutuhan logistik Pemilu mulai berdatangan ke KPU Kota Bukittinggi, dimana untuk kotak suara proses perakitan butuh kehati-hatian, dan kotak suara yang telah selesai dirakit dibungkus dalam plastik, dan disimpan di GOR Bermawi yang dimanfaatkan sebagai gudang representatif,” kata Yasrul, Kamis (14/2).
Menurut Yasrul, dari 1.778 kotak suara yang dirakit KPU Kota Bukittinggi ini, 42 diantaranya rusak karena ada yang sobek, penyot, digigit serangga, sehingga tidak layak pakai.
“Nantinya kotak suara tersebut akan didistribusikan ke 349 Tempat Pemungutan Suara (TPS yang tersebar di bukittinggi, dengan 5 kotak suara setiap TPS, dan 11 kotak suara cadangan untuk setiap Kecamatan,” jelas Yasrul.
Yasrul menambahkan, KPU Kota Bukittinggi memastikan kotak suara pemilu 2019 berbahan karton atau kardus cukup kuat diperlakukan sesuai dengan fungsinya dan dapat menahan bobot hingga 70 kg. Karena kotak suara tersebut di design untuk menjalankan fungsi sebagai kotak suara menyimpan dokumen dan surat suara usai dilakukan pencoblosan. (cr8)

Exit mobile version