Dinkes Sumbar Manfaatkan CFD Untuk Pengobatan Gratis

DINAS Kesehatan Sumbar melakukan kegiatan pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis untuk warga di Car Free Day (CFD) di Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang. Respon dari warga terlihat sangat antusias.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday, car free day menjadi salah satu pilihan yang tepat. Karena, sudah menjadi rutinitas ruang publik tempat berolahraganya masyarakat terbebas dari polusi kendaraan bermotor.
Kegiatan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis ini bukan hanya untuk orang dewasa saja namun berlaku untuk kalangan anak-anak, seperti penimbangan berat badan anak, imunisasi dan arahan asupan makanan anak yang sehat dan bergizi.
“Ada pemeriksaan kesehatan gratis, ada pemeriksaan cek gula, kolestrol dan lain-lain. Tentunya kita akan memberikan obat bila ada yang diperiksa sedang dalam keadaan sakit,” kata Merry, belum lama ini.
Selain itu, sebut Merry, pihaknya terus mencanangkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang bertujuan menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan. Karena, meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.
“Intinya, bagaimana masyarakat yang sehat itu jangan sampai sakit,” tegas Merry.
Melalui kegiatan ini, Merry pun berharap, masyarakat yang di car free day khususnya dan masyarakat umum di Kota Padang dapat memanfaatkan program Dinas Kesehatan sehingga target pencapaian pemerintah daerah untuk menyehatkan lapisan masyarakat dapat terus meningkat.
Sementara itu, Dian dan Alfi, dua di antara warga Kota Padang yang mengikuti CFD mengaku, lebih bersemangat berolahraga. Karena, ada pelayanan kepada masyarakat khususnya pelayanan kesehatan gratis. Mereka berharap kegiatan ini terus berlanjut setiap Minggunya.
“Alhamdulillah lebih asyik ya, kalau selama ini kami olahrga sendiri-sendiri. Nah, di sini ramai jadi lebih bersemangat. Apalagi ada pemeriksaan kesehatan gratis,” kata mereka. (mil)

Exit mobile version