Kesbangpol Sosialisasikan Peraturan Ormas dan Parpol

SIJUNJUNG, METRO – Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Kabupaten Sijunjung menyelenggarakan desiminasi perundang-undangan, peraturan organisasi kemasyarakatan (ormas) dan partai politik (parpol) di Wisma Anggrek Muaro Sijunjung.
Kepala Dinas Kesbangpol, Bobby Roespandi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan peran pengawasan stakeholder terhadap organisasi kemasyarakatan, LSM, parpol. Kemudian, meningkatkan komunikasi antara pemerintah daerah dengan organisasi kemasyarakatan, LSM, parpol sehingga dapat mewujudkan dan terciptanya situasi dan kondisi yang kondusif di Kabupaten Sijunjung.
Pada kesempatan itu, Staf Ahli Bupati, Syahrial menyampaikan bahwa keberagaman masyarakat Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika menjadi satu dari semua komponen yang ada baik menimbulkan dampak positif maupun negatif. Komponen itu diantaranya pada bidang ideologi, politik, ekonomi dan keamanan dalam negeri.
“Demikian juga ormas, LSM dan parpol yang beragam tetapi tujuannya tetap sama yaitu menjaga stabilitas politik dengan menjadi penengah berbagai kepentingan yang terjadi di antara kelompok masyarakat sehingga dapat meminimalisir potensi konflik. Seperti yang sering kita dengar menyelesaikan masalah tanpa masalah maksudnya untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan mencari sebabnya dengan tidak menimbulkan masalah baru,” katanya, Senin (26/11).
“Ormas, LSM, partai politik harus semakin dewasa untuk mengambil keputusan yang merupakan potensi masyarakat secara kolektif, yang harus dikelola untuk menjadi energi positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Seperti halnya parpol menjadi sarana bagi masyarakat untuk ikut menentukan figur dan arah kepemimpinan nantinya,” ujarnya.
Sementara itu terangnya, pemerintah daerah berharap bagi peserta yang ikut dalam acara diseminasi ini dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Ia berharap kepada narasumber memberikan pengetahuan sebanyak banyaknya agar bisa bermanfaat kedepannya sesuai perkembangan kebutuhan bagi ormas, LSM dan parpol.
Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan, Syahlaludin selaku Kabid Poldagri dari Badan Kesbangpol Sumbar, Hermansyah dari Kodim 0310/SSD/ dan Adisman, Kasat Intel Polres Sijunjung. (ndo)

Exit mobile version