Bupati Padangpariaman Tinjau Aliran Sungai Meluap

TINJAU—Bupati Padangpariaman Suhatri Bur saat meninjau aliran sungai Batang Tapakih yang meluap.

PDG.PARIAMAN, METRO–Antisipasi aliran sungai meluap perlu dilakukan normalisasi sungai, kemarin, Bupati Padangpariaman Suhatri Bur meninjau aliran sungai Batang Tapakih di Korong Pasa Limau, Kenagarian Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman.

“Kita sekarang meninjau aliran sungai Batang Tapakih, Pasa Limau, karena me­ngalami penggerusan din­ding sungai mengakibatkan meluapnya air dan merusak lahan persawahan, kta se­gera mencarikan solusi ini,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur saat meninjau lokasi tersebut, kemarin.

Katanya, perlu solusi untuk permasalahan sungai yang meluap dan mengakibatkan banjir di korong ini , jadi bagaimana sungai itu bisa mengelola air dengan baik. Bagaimana mengamankan (air) tidak melimpah, tapi juga ekosistem sungai dipertahankan.

Dikatakan, normalisasi sungai ini akan disampaikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar ke de­pan tidak terjadi lagi dam­pak banjir di lokasi ini.

Lebih jauh dikatakan,  normalisasi sungai adalah metode penyediaan alur sungai dengan kapasitas mencukupi untuk menyalurkan air, terutama air yang berlebih saat curah hujan tinggi.

Normalisasi dilakukan karena mengecilnya kapasitas sungai akibat pendangkalan dan penyempitan badan sungai, dinding yang rawan longsor, aliran air yang belum terbangun de­ngan baik. “Kita secara bertahap melakukan normalisasi sungai dengan cara pe­nge­rukan sungai untuk mem­perlebar dan memperdalam sungai,” ujarnya.

Apalagi jelasnya, norma­lisasi diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 1 tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi, dan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wila­yah. (efa)

Exit mobile version