260 Mahasiswa STIKes  Mercubaktijaya Diwisuda

PADANG, METRO – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mercubaktijaya Padang akan menggelar upacara wisuda tahun akademik 2018/2019, Rabu (30/10) besok dengan melepas 260 wisudawan.
260 wisudawan tersebut dari berbagai program studi, diantaranya DIII Keperawatan 59 wisudawan, DIII Kebidanan 80 wisudawan, dan Profesi Ners sebanyak 121 orang, sebelumnya untuk Strata 1 (S1) Keperawatan sudah di yusidiumkan juga sebanyak 118 mahasiswa pada 14 September lalu, hal tersebut di sampaikan Ketua STIKes Mercubaktijaya Elmiyasna saat sesi jumpa pers kemarin, Senin (28/10).
Ia mengatakan, ketidakikutsertaan prodi S1 Keperawatan dalam upacara wisuda, Rabu (30/10), karena sebelumnya S1 Keperawatan juga dilakukan yusidium serta pengambilan sumpah sebanyak 118 orang.
“Seharusnya empat prodi diwisudakan, karena prodi keperawatan S1 sudah di yusidiumkan, jadi mahasiswa keperawatan itu tidak dibebankan untuk wisuda besok, tetapi mahasiswa tersebut juga diundang pada saat upacara wisuda,” katanya.
“Lulusan keperawatan disahkan apabila ia sudah melalui proses kelulusan Ners, ibarat dokter, saat ia lulus sebelum KOAS, gelarnya masih S.Ked, begitu pun juga keperawatan, mereka harus melanjutkan profesi ners dan melakukan praktek lapangan,” sambungnya.
Ketua STIKes Mercubaktijaya Elmiyasna, kembali mengatakan bahwa lulusan dari STIKes Mercubaktijaya pada umumnya mudah mencari pekerjaan.
“Kalau dipresentasekan, sekitar 96 persen lulusan dari sini langsung mendapatkan pekerjaan, sebagai contoh saja, Semen Padang Hospital itu 30 persennya perawatnya adalah lulusan dari Mercubaktijaya,” pungkasnya.
Ia juga berharap, setelah memasuki dunia kerja nanti, para wisudawan semoga bisa langsung dapat bekerja ditempat yang di inginkan. “Semoga setelah kelulusan, lulusan dari Mercubaktijaya bisa bekerja langsung,” ujarnya.
Selain itu, STIKes Mercubaktijaya saat ini sudah memiliki klinik sendiri, yaitu berada tepat di depan Poltekes Negeri Padang hal tersebut ungkapnya ialah agar kedepan Mercubaktijaya ini ini menjadi Institut.
“Dengan adanya klinik, diharapkan ke depan STIKes akan menjadi suatu Universitas atau Institut. Klinik tersebut diharapkan akan menjadi rujukan bagi masyarakat sekitar,” katanya.
Kepada seluruh alumni STIKes Mercubaktijaya hendaknya selalu menjaga nama baik almamater, menunjukkan kinerja, berdedikasi tinggi dan profesional di tempat kerja, serta menjalin komunikasi dengan almamater.
Alumni memegang peranan penting dalam program kegiatan pengembangan kampus, menyebarluaskan dan memajukan almamater, sebagai kader Mercubaktijaya di bidang kesehatan.b

Exit mobile version