Pelantikan Presiden dan Wapres 2019-2024, Irwan Prayitno: Semoga dapat Menjalankan Amanah Rakyat

PADANG, METRO – Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno turut menghadiri pelantikan Presiden – Wapres RI Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin di Komplek DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10). Gubernur Sumabr Irwan Prayitno mengucapkan selamat kepada Presiden dan Wapres RI. “Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan juga seluruh rakyat Sumbar mengucapkan atas pelantikan Ir H. Joko Widodo sebagai Presiden dan K.H. Ma’ruf Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019 -2024,” ujar Irwan Prayitno.
Kata Irwan, dari Sumbar akan mendoakan semoga Presiden dan Wapres dapat menjalankan amanah rakyat. “Kemudian kita tentunya juga doakan beliau berdua sukses dan sehat selalu dalam memimpin Indonesia,” tukasnya. Untuk diketahui selama kepemimpinan Presiden Joko Widodo periode sebelumnya bersama Wapres RI, Jusuf Kalla, tercatat dirinya melakukan kunjungan kerja ke Sumbar sudah lima kali.
Kunjungan pertama Presiden dilakukan 8-10 Oktober 2015. Saat itu beliau diagendakan mengunjungi Provinsi Jambi dan Riau untuk mengunjungi daerah yang terpapar kabut asap. Namun, karrna pekatnya kabut yang menutup langit Bandara di Jambi dan Pekanbaru. Akhirnya pesawat kepresidenan mendarat di Badara Internasional Minangkabau (BIM).
Dalam kunjungan ke Sumbar selama tiga hari itu, Presiden mengunjungi peternakan sapi di Padang Mengatas, Limapuluh Kota, Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Pesisir Selatan, meninjau pembangunan kereta api bandara di BIM. Lalu, kunjungan keduanya, 12 April 2016. Presiden membuka pelatihan Multilateral Angkatan Laut Komodo 2016.
Kemudian, selang tiga bulan tepatnya , 4 – 6 Juli 2016, Presiden untuk ketiga kalinya ke Sumbar. Dalam kunjungan itu, beliau membagikan sembako kepada masyarakat di sejumlah titik di Kota Padang, menghadiri tablig akbar di kantor gubernur, hingga menunaikan shalat idul fitri 1437 Hijriyah di Masjid Raya Sumbar.
Kunjungan ke empatnya ke Sumbar, dilakukan pada 7-9 Februari 2018. Presiden mengunjungi lima kabupaten di Sumbar dengan agenda mulai dari membagikan sertifikat tanah, kartu indonesia pintar, bantuan program keluarga harapan, hingga meresmikan dimulainya pembangunan tol yang menghubungkan Sumbar dan Riau. Tak hanya itu, Presiden juga menghadiri puncak Hari Pers Nasional di Padang.
Kunjungan kelima dilakukan pada 21 Mei 2018. Kunjungan itu Presiden melakukan tiga agenda, yakni meresmikan pengoperadian kereta api bandara, pembagian 510 setifikat tanah mesjid dan mushala hingga persemian kampus II pesantren modern Prof DR Hamka di Aie Pacah, Padang.
Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’aruf Amin resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024. Pelantikan diselenggarakan oleh MPR dan dimulai pada pukul 14.30 WIB. Rangkaian acara dimulai dengan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ serta mengheningkan cipta. Ketua MPR Bambang Soesatyo lalu membuka sidang paripurna dan keputusan KPU dibacakan. Joko Widodo berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah, begitu pula Ma’ruf Amin. Wapres 2014-2019, Jusuf Kalla, menyaksikan prosesi pengucapan sumpah. (fan/adv)

Exit mobile version