Los Ayam Pasar Raya Kebanjiran

PASARRAYA, METRO – Los ayam Pasar Raya Padang kebanjiran. Air menggenang di lantai II Blok I itu, sehingga menyulitkan pembeli dan pedagang berjualan.
Jumat (18/10), genangan air mencapai beberapa centimeter menggenangi lantai. Tak hanya itu, air yang menggenang itu juga mengeluarkan bau anyir yang baunya menyeruak ke seluruh ruangan. Genangan air yang mulai meninggi diakui pedagang sudah terjadi sejak satu minggu belakangan.
Kondisi ini disebabkan karena saluran pembuangan yang tersumbat. Sehingga air cucian daging ayam pedagang terjebak dan menggenang di lantai.
“Kami sudah lama melaporkan kondisi ini ke dinas perdagangan. Tapi sampai saat ini belum ada tanda tanda saluran ini akan diperbaiki,” sebut Ketua Pedagang Ayam Indra Kasman, Jumat (18/10).
Selama ini menurutnya, pedagang dengan swadaya sendiri membayar petugas kebersihan untuk membersihkan lokasi. Namun, karena tersumbatnya sudah parah dan butuh perbaikan, pembersihan secara manual sudah tak mempan lagi mengalirkan air dari lantai 1 ke lantai 2.
Sebelumnya, kepala Dinas Perdagangan, sebut Indra Kasman sudah berjanji akan memperbaiki. Ia meminta agar disegerakan karena pedagang sudah tak mungkin lagi berjualan beli di atas genangan air pembuangan yang berputar-putar di lantai los.
“Kadis Perdagangan sudah janji memperbaiki. Tapi sampai sekarang tak terlihat juga upayanya,” sebut Indra Kasman.
Hal senada diakui Edi Prima (40). Ia berharap agar wali kota menempati janji pada saat kampanye akan maju untuk yang kedua kalinya sebagai wali kota. Pada waktu itu menurutnya, wali kota menyanggupi melakukan perbaikan di los ayam. Mulai dari penambahan tangga dan saluran drainase yang memadai.
“Kita minta wali kota segera tepati janji,” tukasnya.
Anggota DPRD Kota Padang Amran Tono meminta Dinas Perdagangan segera turun dan melakukan perbaikan. Apalagi, pedagang sudah melaporkan sejak lama.
“Kita minta kadis perdagangan lebih responsif dengan keluhan pedagang. Tolong segera perbaiki. Karena itu menyangkut kepentingan banyak orang,” kata Amran.
Pihaknya, sebut Amran Tono melalui komisi terkait akan berupaya mengkomunikasikan lagi dengan Dinas Perdagangan untuk mempercepat proses perbaikan agar pedagang dan pembeli nyaman.
Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal mengatakan, akan melakukan cek ke lapangan. Keluhan tersebut segera ditindaklanjuti dalam waktu dekat.
“Paling lambat, Senin depan kita perbaiki,” katanya. (tin)

Exit mobile version