Penumpang Kereta Api di Stasiun Padang bisa Periksa Kesehatan di Klinik Mediska

KLINIK KESEHATAN— PT KAI Divre II Sumbar memiliki fasilitas kesehatan Klinik Mediska yang dapat digunakan oleh karyawan KAI Group, keluarga, serta masyarakat umum dan peserta BPJS.

PADANG, METRO–PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional (Divre) II Sumatera Barat (Sumbar) memiliki fasilitas kesehatan yang dapat digunakan oleh karyawan KAI Group, keluarga, serta masyarakat umum dan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Layanan kesehatan tersebut bisa diperoleh di Klinik Mediska milik KAI yang berlokasi di Jalan Andalas nomor 3 Kota Padang.

Kepala Humas KAI Divre II Sumbar M. As’ad Habibuddin mengatakan, selama tahun 2024 hingga September, Klinik Mediska Padang telah melayani total 9.762 pasien. Rinciannya, 5.225 pasien BPJS dan umum, serta 4.537 pasien pekerja KAI dan keluarga.

Klinik Mediska Padang menawarkan layanan kesehatan tingkat pertama. Termasuk poli umum, poli gigi, poli kesehatan ibu dan anak, dan layanan kefarmasian. “Untuk menjamin standar pelayanan yang sesuai, Klinik Mediska Padang telah diakreditasi oleh Kementerian Kesehatan dengan akre­ditasi paripurna,” kata As’ad.

Awalnya, Klinik Mediska Padang fokus pada ke­se­hatan pekerja KAI dan keluarganya. Namun, sejak tahun 2010, layanan tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh penumpang kereta api, masyarakat umum, dan peserta BPJS.

As’ad menambahkan, kesehatan pekerja dan keluarga adalah aset penting untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta api dan menjaga kualitas pelayanan kepada pelanggan.

Adapun cakupan pa­sien Klinik Mediska Padang yang lebih luas ditujukan untuk memudahkan ma­sya­rakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Jam operasional Klinik Mediska Padang adalah Senin hingga Kamis pukul 8.00–16.00 WIB dan Jumat hingga Sabtu pukul 8.00–15.00 WIB, dengan jam istirahat pukul 12.30 – 3.30 WIB. Klinik tutup pada Minggu dan hari libur nasional.

Klinik Mediska Padang juga telah mengikuti per­kembangan teknologi dengan menyediakan sistem pendaftaran online melalui aplikasi Mobile JKN, yang dapat diunduh pada ponsel Android dan iPhone.

“Dengan aplikasi tersebut, pasien bisa merencanakan kunjungan, men­daftar, mengambil nomor antrean, memilih dokter, serta mencatat keluhan, sehingga ketika tiba di klinik bisa mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Selain pelayanan kesehatan rutin, Klinik Mediska Padang  juga aktif mendukung program pemerintah, salah satunya pada saat pandemi dengan me­nyediakan vaksinasi Covid-19 bagi pekerja KAI, keluarga, dan pelanggan kereta api.

“Bagi penumpang yang berada di Stasiun Padang dan merasa kurang enak badan, dapat memeriksakan diri di Klinik Mediska Padang yang lokasinya sangat dekat dengan stasiun,” kata As’ad.

As’ad berharap, kehadiran Klinik Mediska Padang dapat memudahkan akses pelayanan kesehatan bagi pekerja KAI dan ma­sya­rakat. Serta memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi KAI Divre II Sumbar dengan meningkatkan derajat kesehatan mereka. (fan)

Exit mobile version