Andre Rosiade: Terima Kasih Pak Mendag, Pasar Fase VII Kini Sudah 97 Persen

Anggota Komisi VI DPR RI H Andre Rosiade

JAKARTA, METRO–Pembangunan Pasar Fase VII Pasar Raya Pa­dang sudah hampir setahun pengerjaannya. Kini, kon­disi pasar tersebut sudah mencapai 97 persen dari awal peletakan batu per­tama pada Rabu (20/9/2023) lalu.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Men­teri Perdagangan. Berkat bantuan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) kepada kami di Sumbar, pembangunan ini berjalan dengan lancar,” tutur An­dre Rosiade saat rapat ber­sama jajaran Ke­men­dag di Gedung DPR RI, Kamis (12/9/2024).

Pertama, kata Andre, untuk rekomendasi teknis yang diusulkan dari Ke­men­dag sudah terwujud. Dimana, Pasar Raya Pa­dang Fase VII melalui ang­garan Kemen PUPR, sudah hampir selesai sekitar 97 persen dengan nilai ang­garan Rp103 miliar.

“Itu adalah kolaborasi saya dengan Wali Kota Padang Hendri Septa, ka­der bapak. Itu sudah kita wujud­kan, mudah-mu­da­han di penghujung jabatan pak Jokowi, bisa dires­mi­kan di Kota Padang,” kata Andre.

Kemudian, dia juga men­­dapatkan rekomendasi bantuan pembangunan un­tuk lima pasar lain yakni di Pesisir Selatan, Dhar­mas­raya, Sijunjung dan dua pasar di Kota Padang (Pa­sar Belimbing dan Pasar Ulak Karang).

“Terima kasih kepada kemendag yang telah mem­bantu Sumbar, tepatnya di daerah pemilihan kami agar ekonominya bisa terus ber­gerak. Mudah-mudahan setelah ini, kita bisa lan­jutkan rekomendasi teknis di Padang mulai dari Pasar Raya Fase I hingga Fase VI,” tutupnya.

Sebagaimana diketa­hui, tahun 2009, gedung pasar ini rusak akibat gem­pa bumi yang melanda Kota Padang pada tahun 2009. Pemko Padang telah melakukan upaya perbai­kan terhadap sarana dan prasarana bangunan, agar pedagang di lantai 1 tetap berjualan.

Serta upaya kerja sama investasi dengan pihak swasta, namun tidak di­lanjutkan karena ada pe­nolakan pedagang terha­dap rencana Pembangu­nan Kembali oleh investor.

Gedung Pasar Raya Padang Fase VII ini terdiri dari 2 lantai. Dimana lantai 1 dihuni pedagang ritel dan pedagang kebutuhan pri­mer. Sementara lantai 2 merupakan departmen sto­re kerja sama Pemko Pa­dang dengan pihak swasta.

Pada tahun 2021, ang­gota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade menga­jukan usulan Pembangu­nan Fase VII melalui dana APBN dan terealisasi pada tahun 2023.

Andre menyebut, pem­bangunan Pasar Fase VII berawal dari dirinya yang mendapatkan aspirasi dari KPP dan para pedagang. Pembangunan Pasar Raya Fase VII menelan ang­garan sebesar Rp 103 mi­liar lebih.

Dilaksanakan dengan mekanisme kontrak tahun jamak 2023-2024, dengan waktu pelaksanaan selama 360 hari kalender dan di­targetkan selesai pada Juli 2024. Pasar Raya Fase VII dapat menampung 1.143 pedagang. (*)

Exit mobile version