Pohon Ketaping Raksasa di Depan Hotel Bumiminang Tumbang, Satu Unit Minibus Ringsek

EVAKUASI POHON— Tim gabungan BPBD dan Satpol PP Kota Padang mengevakuasi pohon tumbang jenis ketaping, di depan Hotel Bumiminang, jalan Bundokandung, Rabu (22/5).

BD.KANDUNG, METRO–Satu batang pohon raksasa yang berada di depan Hotel Bumi Minang, jalan Bundo Kanduang, Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang tumbang pada Ra­bu, (22/5) dini hari.

Akibat peristiwa tersebut, satu unit mobil minibus merek Toyota Avanza ringsek parah akibat tertimpa pohon tersebut. Besarnya bentangan pohon jenis Ke­ta­ping tersebut sempat meng­hambat akses jalan masyarakat.

Sehingga, tim TRC BPBD Kota Padang yang men­da­pat­kan laporan ter­sebut lang­­sung menindaklanjuti de­ngan mendatangi lokasi de­ngan peralatan lengkap un­tuk meng­evakuasi pohon itu.

Kalaksa BPBD Kota Pa­dang, Hendri Zulviton, me­nga­takan bahwa pohon ter­sebut tumbang di se­babkan oleh pelapukan yang terjadi di pangkal pohon sehingga, di saat cuaca hujan deras menyebabkan pohon tersebut tidak dapat menopang berat sendiri tubuhnya.

“Pohon ini berdiameter 150 cm dan panjang 20 meter, menimpa satu unit mobil Avanza dengan nomor polisi BA 1841 GT milik Zaki (24). Beruntungnya, tidak ada korban jiwa yang disebabkan dalam peristiwa ini, dan kerugian materi ditaksir mencapai Rp15 juta,” ungkapnya, Rabu (22/5).

Selain anggota BPBD, untuk membersihkan jalan yang terhambat pohon tersebut juga ikut dibantu oleh personel Satpol-PP, TNI, Polri, KSB Padang Selatan, serta masyarakat yang berada di sekitar lokasi juga turut membantu.

Besarnya diameter serta banyaknya dahan pohon, tim gabungan berjibaku hingga pagi hari di lokasi kejadian, mereka belum pulang sebelum ja­lan dapat kembali dilalui oleh masyarakat Kota Pa­dang.

Dalam kesempatan itu, Hendri Zulviton juga meng­im­bau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah terutama di bawah-bawah pohon jika cuaca buruk.

“Kita juga mengimbau kepada masyarakat jika menemukan pohon yang memiliki batang yang berlubang, dan terlihat rapuh serta dinilai membahayakan, laporkan kepada petugas,” ungkapnya. (brm)

Exit mobile version