Menuju Indonesia Bebas Karies 2030, Pemko, FKG-RSGM Unand dan Pepsodent Ajak 125.000 Siswa Sikat Gigi Bersama

SIKAT GIGI BERSAMA— Kegiatan sikat gigi bersama seluruh siswa SDN dan SMPN Kota Padang yang disaksikan langsung oleh Wali Kota Padang Hendri Septa, berpusat di Sekolah Adabiah, Kota Padang, Selasa (23/4).

JATI, METRO–Mendukung Indonesia Bebas Karies 2030, Peme­rintah Kota (Pemkot) Pa­dang, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Andalas (Unand) bersama Unilever Indonesia melalui brand Pep­so­dent menggelar kegiatan sikat gigi bersama secara hybrid dengan peserta terbanyak, yaitu 125.000 sis­wa dari seluruh SDN dan SMPN Kota Padang.

Didukung Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, acara yang ber­pusat di Sekolah Ada­biah ini merupakan bagian rang­kaian peringatan Hari Ke­se­hatan Gigi dan Mulut Se­dunia 2024 dalam kam­panye “Senyum Sehat Indonesia”, hasil kolaborasi PDGI, ­AFDOKGI, ARSGMPI­ dan Pepsodent.

Lebih dari 50% anak usia 5-9 tahun di Provinsi Sumatera Barat memiliki karies atau gigi berlubang sehingga kesehatan gigi dan mulut masih menjadi salah satu perhatian Pemerintah. Berkat konsistensi Pemkot Padang mela­kukan edukasi dan sosialisasi menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti melalui kegiatan rutin sikat gigi bersama, maka jumlah penderita karies Kota Pa­dang merupakan yang kedua terendah di Sumbar, yai­tu 36,71%, jauh di bawah rata-rata nasional (88,8%) .

Wali Kota Padang Hendri Septa  menyampaikan, Pemko Padang sangat me­ng­apresiasi FKG-RSGM Unand atas kerja samanya untuk pelaksanaan acara hari ini.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Unilever Indonesia yang su­dah menjawab tantangan untuk mengadakan kegiatan sikat gigi bersama seluruh siswa SDN dan SMPN Kota Padang. Saya turut bangga bahwa anak-anak sudah memulai kebiasaan sikat gigi pagi dan malam hari, karena menjaga kesehatan gigi sejak dini penting agar dapat terhindar dari berbagai masalah dan gigi bisa terus sehat hingga tua nanti. Semoga seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar, baik dan insyaa Allah diberkahi, serta menjadi penambah semangat kita untuk memulai kebiasaan baik menjaga kesehatan gigi dan mulut,”ujar Hendri Septa.

Dekan FKG Unand Prof. Dr. drg. Nila Kasuma, M. Biomed menjelaskan, kesadaran merawat kesehatan gigi dan mulut harus terus ditingkatkan karena mulut adalah pintu gerbang masuknya berbagai mikroba yang besar pengaruhnya pada kesehatan tubuh, terlebih bagi anak-anak. Menyikat gigi secara tepat merupakan cara mekanik yang efektif meminimalkan kontaminasi bakteri secara sistemik, namun sayangnya baru 1,2% masyarakat di Sumbar yang menyikat gigi di waktu yang tepat.

“Edukasi berkelanjutan masih menjadi prioritas guna membantu memperbaiki perilaku dan kebiasaan merawat kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Untuk itu, melalui kegiatan sikat gigi bersama hari ini yang terselenggara atas kontribusi dari seluruh pihak, mulai dari pemerintah dan swasta, kami ingin mengajarkan sikat gigi dua kali sehari dengan baik, yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk mengingatkan masyarakat agar rutin berkonsultasi ke dok­ter gigi setidaknya enam bulan sekali,” ujar Prof. Nila.

Sementara itu, Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia, drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc, mengungkapkan, selama 90 tahun Pepsodent memiliki komitmen melindungi senyum Indonesia. Perjalanan panjang tersebut tidak terlepas dari dukungan seluruh mitra, seperti PDGI yang telah bekerjasama selama lebih dari 50 tahun, AFDOKGI dan ARSGMPI.

“Kami terus bersinergi meningkatkan kesadaran masyarakat menyikat gigi dua kali sehari dan rutin konsultasi ke dokter gigi,  serta memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut gratis melalui banyak kegiatan. Alhamdulillah hing­ga kini kami telah men­jaga lebih dari 30 juta senyum sehat masyarakat Indonesia,” jelasnya.

“Kami sangat bersyu­kur hari ini bias kembali mengambil bagian dalam peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia di Kota Padang untuk melanjutkan aksi nyata Pepsodent melalui kampanye ‘Senyum Sehat Indonesia’ yang ditargetkan dapat memberikan manfaat kepada lebih dari dua juta ma­syarakat Indonesia hing­ga akhir 2024,” lanjut drg. Mirah.

Kampanye ‘Senyum Sehat Indonesia’ mulai terlaksana sejak Januari 2024 di 24 kota di Indonesia, termasuk Kota Padang. Kampanye ini akan terus dilaksanakan oleh Pepsodent bersama para mitranya hingga akhir tahun melalui berbagai kegiatan, termasuk Program Sekolah Sehat maupun Bulan Kesehatan Gigi Nasional yang merupakan cikal bakal Hari Kesehatan Gigi Nasional. Diharapkan seluruh inisiatif ini dapat membawa keberkahan dan kemaslahatan bagi masyarakat Indonesia serta melindungi senyum sehat mereka. (rom)

Exit mobile version