Musrenbang RPJMD 2025-2045, Pembangunan 20 Tahun ke Depan Fokus Pengembangan Infrastruktur

ARAH PEMBANGUNAN— Wako Padang Hendri Septa membuka Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045, dengan visi pembangunan “Kota Padang Maju, Berbudaya, dan Berkelanjutan Menuju Kota Jasa Terkemuka”.

ALANG LAWEH, METRO–Pemerintah Kota Padang m­e­­ng­gelar Musyawarah Pe­ren­canaan Pembangunan (Mus­ren­bang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Padang Tahun 2025-2045. Musrenbang mengusung visi pem­bangunan Kota Padang 2025-2045 “Kota Padang Maju, Ber­budaya, dan Berkelanjutan Menuju Kota Jasa Terkemuka”

Wali Kota Padang Hendri Septa, saat membuka kegiatan musrenbang, Selasa (23/4), men­jelaskan, visi tersebut me­ru­pakan hasil dari merangkum as­pirasi warga kota untuk tumbuh dan berkembang secara holistik, menggabungkan kemajuan eko­nomi dengan pelestarian budaya dan ketahanan lingkungan.

“Dengan fokus pada ke­seim­bangan antara pertumbuhan dan keberlanjutan, kota ini diha­rap­kan menjadi pusat laya­nan yang unggul, menjun­jung tinggi nilai-nilai lokal dan meningkatkan kualitas hidup penduduknya,” ujar Hendri Septa.

Hendri Septa menambahkan, salah satu titik fo­kus pembangunan Kota Pa­dang untuk dua puluh tahun ke depan dapat mengarah pada pengembangan infrastruktur. Seperti pembangunan jalan lingkar luar Kota Padang, perbaikan drainase, dan pelebaran trotoar.

“Harus ada perubahan yang menyeluruh dari infrastruktur yang ada di Kota Padang saat ini, karena seiring dengan pertumbuhan masyarakat yang begitu pesat maka ruang pembangunan Kota Pa­dang juga semakin sempit. Ini harus kita pikirkan bersama demi generasi muda, demi Kota Padang,” pungkas Hendri Septa.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Padang Yenni Yuliza menyebutkan, hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Musrenbang ini dapat memberi masukan terhadap penyempurnaan rancangan RPJPD menjadi rancangan akhir RPJPD Kota Padang 2025-2045.

Sehingga dokumen yang disusun berkualitas dan berdaya guna, dan dapat menjawab permasalahan pembangunan di Kota Padang dalam dua puluh tahun ke depan.

“Peserta yang mengi­ku­ti Musrenbang pada hari ini adalah pimpinan DPRD Kota Padang, Forkopimda, seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Padang, beserta para pemangku kepentingan lainnya. Sebagai narasumber, Kepala Bappeda Sumbar, akademisi, dan dari Dinas PUPR Kota Padang,” sebutnya.

Turut hadir dalam Musrenbang ini, Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap, Wakil Ketua DPRD Amril Amin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Didi Aryadi, unsur Forkopimda dan stakeholder terkait. (brm)

Exit mobile version