Sabar! Perbaikan Traffic Light di Bypass masih “OTW”, M Majid: Untuk Kenyamanan Pengendara, Pengerjaan Segera Dimulai

SERING BERMASALAH— Kondisi lampu lalu lintas di kawasan jalan Bypass, sudah lama bermasalah, sering mati dan dikeluhkan pengendara. BPTD Kelas II Sumbar Kemenhub, menyebut progres perbaikan masih dalam proses e-katalog untuk pengadaan melalui APBN.

BYPASS, METRO–Sudah berbulan-bulan lampu lalu lintas atau traffic light di kawasan Bypass, Padang bermasalah. Meski sudah banyak “digoreng” dan “diserang” netizen di media sosial, namun belum juga diperbaiki.

Menanggapi persoan tersebut, Ke­pala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Sumbar Kemen­terian Perhu­bungan (Kemenhub), M. Majid me­n­gungkan  segera mem­benahi lampu lalu lintas atau traffic light di sepan­jang jalan Bypass Kota Pa­dang.

“Pembenahan itu guna merespons kondisi lampu lalu lintas yang sering bermasalah di jalur tersebut. Karena, memang kondisi lampu lalu lintas tersebut memang sudah waktunya untuk peningkatan,” kata M Majid.

M. Majid menjelaskan, pihaknya sudah mempersiapkan untuk pengerjaan perbaikan lampu lalu lintas di jalur Bypass. Progresnya sekarang sudah dalam proses e-katalog untuk pengadaan melalui APBN Kemenhub di BPTD Kelas II Sumbar.

“Untuk kenyamanan pengendara di Kota Pa­dang, kita sudah alokasikan anggaran untuk perbaiki beberapa titik lampu lalu lintas di sepanjang jalur By Pass ini. Harapannya kita akan segera memberikan kenyamanan,” sebut Majid didampingi Kasubag TU BPTD Sumbar, Hendra.

Diakuinya, pada awal 2024 ini pengerjaan belum dapat dimulai. Mengingat BPTD Kelas II Sumbar ha­rus memenuhi sejumlah administrasi untuk memulai pengerjaan tersebut.

Terkait dengan sejumlah persyaratan yang ha­rus kita penuhi untuk me­ng­gunakan anggaran, hanya menunggu itu saja. “Jika selesai, pengerjaan segera kita mulai,” ujarnya.

Diakuinya, traffic light untuk beberapa titik di jalan Bypass Kota Padang memasuki masa perbaikan dan peningkatan. Harus ada peningkatan kualitas dan teknologi. Untuk itu diperlukan peningkatan dan perbaikan secepatnya.

Dengan kondisi perangkat traffic light yang saat ini, meski dilakukan perbaikan tanpa peningkatan, maka akan terus bermasalah. Karena memang kondisinya harus ada peningkatan.

Untuk itu, BPTD Kelas II Sumbar akan melakukan peningkatan kualitas dan teknologi traffic light di jalan Bypass Kota Padang. Dengan teknologi baru nantinya, pengaturan dan pemantauan traffic light dapat dilakukan dari jauh.

Untuk diketahui, kerusakan traffic light di kawasan Bypass tersebut videonya sempat viral di media sosial (medsos) dan menjadi perhatian Wali Kota Padang, Hendri Septa. Bahkan, Hendri Septa langsung melakukan peninjauan traffic light tersebut.

Wako Hendri Septa berharap agar berbaikan traffic light tersebut dilakukan secepatnya, karena kawasan Bypass-Lubeg me­ru­pakan kawasan padat kendaraan. Apalagi di kawasan tersebut banyak truk-truk besar lewat, sehingga dapat mengancam keselamatan pengendara.

Bypass-Perempatan Lubeg Diperbaiki

Sebelumnya, Muhammad Majid mengatakan, lampu pengatur lalu lintas di simpang empat Bypass Lubuk Begalung, Kota Pa­dang yang sempat rusak, telah diperbaiki, Sabtu (6/4) lalu. Ada beberapa komponen yang diperbaiki dan diganti.

Majid menjelaskan, per­baikan ini bersifat sementara. Selanjutnya dilakukan penggantian alat yang sedang berproses sesuai dengan aturan hukum.

Diketahui, lampu pengatur lalu lintas ini sempat mengalami kerusakan. Lam­pu hijau dan merah me­nyala bersamaan. Kondisi ini membingungkan pengguna jalan. Akibatnya sempat terjadi kesemra­wutan di jalur yang termasuk padat ini. (brm)

Exit mobile version