Peduli Kebersihan Lingkungan, Polda Sumbar Bersih-bersih di Pantai Padang

BERSIHKAN PANTAI— Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono bersama ribuan personel kepolisian, melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Padang, Selasa (6/2).

PURUS, METRO–Sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap kebersihan ling­kungan, Polda Sumbar meng­gelar aksi bersih-bersih di ka­wa­san Pantai Kota Padang. Aksi tersebut dipimpin oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, dengan diikuti oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Seti­yono, Pejabat Utama Polda Sum­bar dan perso­nel Polda Sumbar, Selasa (6/2).

Selain dari personel Polda Sumbar, aksi bersih-bersih pantai juga diikuti oleh Wakil Wali Kota Pa­dang Ekos Albar dan ASN Pemerintah Kota Padang. Aksi peduli kebersihan ini, dilakukan dengan cara me­mungut sampah-sampah yang ada di pinggir pantai Padang, yang dimulai dari kawasan Cimpago Pantai Padang.

Kapolda Irjen Pol Suharyono menyampaikan, tidak kurang dari 2.000 personil yang dilibatkan untuk melaksanakan salah satu bagian dari program Quick Wins Presisi Polri secara khususnya di lingkungan kepolisian yaitu peduli kebersihan.

“Ini bagian dari Cooling System adalah suatu cara atau sistem bagaimana menjadikan suasana wila­yah kita ini baik internal maupun eksternal itu menjadi sejuk, menjadi nyaman, menjadi indah, menjadi tertib dan tertata dengan baik,” katanya.

Kapolda menerangkan terkait dengan 3 budaya nasional. Dimana hal yang dulu pernah dicanangkan sampai saat ini bahwa budaya bersih, budaya tertib, budaya kerja itu harus tetap di tindak lanjuti.

“Satu di antaranya adalah terkait dengan budaya bersih sehingga peduli kebersihan yang dilakukan oleh unsur kepolisian dan didukung oleh unsur unsur Forkopimda yang lainnya pada pagi hari ini adalah dalam rangka satu kegiatan yaitu membersihkan merapikan di sekitar pantai di Kota Padang ini,” ujarnya.

Ia melanjutkan, kegiatan peduli kebersihan ini juga dilaksanakan secara serentak se-Sumatera Barat. Sehingga para Kapolres dan Kapolresta saat ini juga melaksanakan hal yang sama di setiap pesisir pantai, maupun di pantai yang dilihat secara lang­sung kasat mata itu ada yang perlu dibersihkan.

“Jadi ini bagian yang penting pengembangannya, nanti ya di masjid-masjid, mushalla, di tempat ibadah yang lain itu juga akan kami lakukan sebagai bagian dari budaya bersih, budaya, tertib dan budaya kerja,” terangnya.

Lanjut Irjen Pol Suharyono, pergelaran kekuatan peduli kebersihan yang dilaksanakan begitu besar di lapangan ini, karena yang per­tama adalah untuk mem­berikan penyampaian kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung bahwa kebersihan itu sebagian dari iman.

“Sehingga dengan kebersihan ini kami harapkan bukan hanya internal aparat kepolisian maupun unsur Forkopimda lainnya, tetapi masyarakat juga nantinya ke depan ikut serta berpartisipasi dalam menjaga kebersihan itu sendiri,” jelasnya.

Karena kotor itu setidak tidaknya karena ada penghuni ada masyarakat atau kejadian alami seperti air laut yang saat rok atau turun atau mungkin saat air.

Jenderal bintang dua tersebut juga mengimbau kepada masyarakat untuk me­macu, memicu dan mem­berikan ketauladanan dalam menjaga kebersihan. “Kami pun ikut serta bersama-sama dengan masyarakat untuk menjaga pantai kita yang begitu indah,” ungkapnya.

Selain itu, pada momen tersebut Polda Sumbar juga menggelar bakti kesehatan yang dilakukan oleh Biddokkes Polda Sumbar.  Bakti kesehatan ini dalam bentuk pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat secara gratis untuk masyarakat.

Apresiasi Wawako

Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar mengapresiasi aksi sosial bersih-bersih pantai yang dilaksanakan oleh Polda Sumbar di sepanjang kawasan Pantai Padang. Aksi sosial ini dimulai dengan apel bersama yang dipimpin langsung oleh Kapolda, di Plaza Pantai Puruih Padang.

“Kami sangat terayomi dan terbantu dengan adanya kegiatan dari Polda Sumbar ini, dan kami berharap aksi seperti ini akan terus berkesinambungan sehingga Padang Bersih, Padang Tertib dan Padang Aman dapat kita wujudkan bersama,” ucap Ekos Albar.

Ekos Albar juga mengucapkan terimakasih kepada unsur Polri yang telah membackup Pemerintah Kota Padang dalam menjaga ketertiban, dan ke­amanan di wilayah Pantai Pa­dang.

“Kami optimis dengan adanya kolaborasi dan dukungan dari Polda Sumbar, pariwisata Kota Pa­dang akan semakin maju, dan berkembang ke arah yang lebih baik lagi,” pungkas Ekos Albar didampingi Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar. (rgr/brm)

Exit mobile version