398 Personel Satpol PP Jalani Tes Urine

JALANI TES URINE— Kasatpol PP Kota Padang, Chandra Eka Putra mengecek pelaksanaan tes urine yang dilakukan tim medis dari RSUD Rasidin, di Mako Satpol PP, Senin (5/2).

TAN MALAKA, METRO–Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang beker­jasama dengan Dinas Kesehatan Kota Padang, melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rasidin, melaksanakan tes urine kepada seluruh jajaran Satpol PP Kota Padang, Senin (5/2).

Kepala Satpol PP Kota Padang Chandra Eka Putra mengatakan, tes urine yang dijalani seluruh jajarannya tersebut, merupakan langkah awal mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Tes urine dilakukan langsung oleh RSUD dilakukan di Mako Satpol PP merupakan langkah awal dari satuan dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya,” ungkap Chan­dra.

Dari 398 total personel, hanya 11 orang yang be­lum di tes urine, karena sedang melaksanakan tugas pengamanan serta ada kegiatan di luar.

Hasil tes urine akan didapatkan dalam waktu satu atau dua hari ke de­pan. Apabila ada yang terbukti positif menggunakan narkoba, maka diberikan sanksi tegas sesuai aturan berlaku.

“Kita percayakan kepada pihak rumah sakit yang dalam waktu satu atau dua hari ke depan akan kita dapatkan hasilnya, tetapi yang pasti apabila ada yang terbukti positif menggunakan narkoba, maka akan diberikan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku,” lanjutnya.

Dijelaskan, tes urine merupakan yang pertama untuk lingkup Satpol PP tahun 2024. Tes urine merupakan upaya untuk mengetahui serta langkah mencegah agar personel selaku petugas penegak perda, agar tidak ada yang terlibat dan bersentuhan dengan narkoba.

“Hasil tes urine akan digunakan untuk pertimbangan perpanjangan kontrak bagi seluruh Tenaga Non ASN di Satpol PP, apabila ada yang terbukti positif, maka akan dilakukan asesmen dan penelitian, untuk memastikan sejauh mana, apakah terlibat jaringan, pemakaian sendiri atau lainnya,” tutup Chandra. (brm)

Exit mobile version