Dinilai Tim Jasrem Korem Wirabraja, 470 Personel Satpol PP Ikuti Tes Samapta

UJI FISIK— Wali Kota Padang Hendri Septa membuka kegiatan uji fisik Kesamaptaan bagi 470 personel Satpol-PP yang dilangsungkan di lapangan olahraga Mako Satpol PP, Selasa (30/1).

TAN MALAKA, METRO —Kegiatan uji fisik bagi 470 personel Satpol-PP yang dilangsungkan di lapangan olahraga Mako Satpol PP, Selasa (30/1) dibuka langsung oleh Wali Kota Padang Hendri Septa. Kegiatan ini ditandai dengan pelepasan tim Kom­ponen Cadangan (Kom­cad).

Menurut Hendri Septa, kehadiran personel Satpol PP selamat ini sangat berperan penting di dalam mensukseskan setiap program-program unggulan pemerintah yang telah di rencanakan.

“Satpol PP adalah pasukan kebanggaan pemerintah Kota Padang, Kehadiran personil selamat ini sangat berperan penting di dalam mensukseskan setiap program-program unggulan pemerintah yang telah di rencanakan. Dengan rahmat Allah maka secara resmi pelatihan kesamap­taan ini saya buka,” kata wako.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Padang, Chandra Eka Putra, mengatakan bahwa tes samapta ini sangat di perlu dilakukan untuk me­nge­tahui kelayakan kemampuan fisik personel dalam menjalankan tugasnya.

Dijelaskan Chandra, uji kesamaptaan yang diikuti 470 personel ini digelar selama dua hari berturut-turut. Yang dinilai oleh internal Satpol-PP dan Jasmani Resor Militer (Jasrem) Korem Wirabraja.

“Dalam pelatihan ini panitia penilaian selain dari pihak Pol-PP  juga melibatkan pihak Jasrem dari Korem Wirabraja serta pihak dinas Kesehatan Kota Pa­dang, ada lima item yang dilaksanakan penilaian, yakni, lari 12 menit, pull up, sit up, pus up dan shuttle, “ jelas Chandra.

Menurutnya, uji Sa­map­ta tersebut adalah sua­tu upaya penyegaran dan kesiapan fisik tentang jasmani maka setiap personel harus perlu dilakukan pelatihan sehingga dalam melaksanakan tugas. Me­reka selalu siap dan respect dalam kondisi apapun serta dengan menjaga kebugaran dan kesehatan tentu juga akan mendukung penampilan atau beformen mereka di tengah masyarakat.

“Tugas yang diemban memerlukan kesiapan baik fisik maupun mental, karena memang Satpol PP itu di dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta penegakan Perda dan Per­kada, harus bersentuhan langsung dengan pelanggar maka diperlukan kesehatan dan fisik yang baik,” kata Chandra. (brm)

Exit mobile version