Jalan Raya Pisang Banyak Berlubang Menganga,  Syamsul Rizal: Sudah Dikoordinasi dengan Kelurahan dan Kecamatan

JALAN RUSAK— Ketua Pemuda Kelurahan Pisang, Syamsul Rizal bersama perangkat RW, tokoh masyarakat dan warga meninjau titik-titik jalan ruak dab berlubang di simpang Pisang, Kecamatan Pauh, kemarin.

PISANG, METRO–Jalan utama di Kelurahan Pisang, Kecamatan Pauh sepanjang 1 hingga 2 kilometer, rusak. Puluhan titik lubang menganga siap memakan para korban.

Sementara setiap pagi volume kendaraan yang berlalulang di jalan yang menghubungi simpang Melintang Pasar Baru via Kampus Unand ini padat. Diperparah dengan sejumlah sekolah yang berada di sepanjang simpang Pisang hingga simpang Malintang makin menambah volume kendaraan berlalulang.

Efendi (52), pedagang yang berada di lokasi mengaku sebeluimnya jalan itu sudah diperbaiki. Namun, karena faktor cuaca yang tidak mendukung atau kondisi tanah yang tak baik,  jalan yang diperbaiki ini kembali rusak.

Ironinya, saat pasar pagi di Simpang Bypass-Pisang mulai beraktivitas dan hujan turun pada ma­lam­nya. Lubang akan diisi oleh air akibat terbuat danau mini. Inilah yang dikhawatirkan para pedagang dan pemakai jalan.

Akibatnya, kata Efendi, jalan jadi menyempit diiringi oleh kemacetan. “Untuk itu kami selaku warga sudah melaporkan kepada Ketua Pemuda Kelurahan Pisang Syamsul Rizal. Kami berharap Ketua Pemuda bisa menjembatani persoalan itu,” keluh Efendi.

Senada juga dirasakan Mak Bot (67),  seorang pedagang sayur yang acap kali tiap subuh   melintasi jalan itu. “Yah, kami merasa terganggu menyaksikan ruas jalan utama Pisang itu berlobang. Untuk itu kami berharap ada pihak yang turun segera menyikapinya. Kami yakin Syamsul Rizal bisa menyikapinya,” kata Mak Bot.

Sementara itu, Ketua Pemuda Kelurahan Pisang Syamsul Rizal kepada POSMETRO mengaku, adanya masukan warga tentang persoalan jalan yang berlobang itu sudah kita bicarakan dengan pihak terkait. Mulai dari Lurah, Kecamatan dan Pemko Padang.

“Pada dasarnya setelah kita tinjau ke lapangan, keluhan warga kita tampung semuanya untuk ditindaklanjuti segera kepada pihak yang berkompeten,” katanya.

“Insya Allah dalam wak­tu dekat  akan terealisir,” sebut Syamsul Rizal didam­pingi Ketua RW 1/RT 1, Indra Karma, Ketua RW 03/RT 02 Suhatril, tokoh masya­ra­kat Em Labi, Melina Epe dan beberapa orang warga.

Saat dilakukan peninjauan bersama Ketua RW 1/RT 1, Indra Karma, Ketua RW 03/RT 02 Suhatril. Tokoh masyarakat Em La­bi, Melina Epe dan beberapa orang warga, kata Syam­sul Rizal, memang ada puluhan jalan berlu­bang menganga. Lu­bang­nya tak terlalu besar tapi tajam.

“Lubang yang ada itu tidak terlalu lebar namun sangat berbahaya. Kecil dan tajam,” sebutnya.

Sementara Lurah Pi­sang, Kecamatan Pauh Des­­­­war­man, mengaku bah­­wa persoalan itu sudah dibicarakannya pada ting­kat nagari hingga pihak terkait. “Bahkan kami dari pihak Kelurahan Pisang su­dah membuat proposal untuk tambal sulam. Mu­dah-mu­dahan dalam, waktu dekat ini akan sikapi. Namun de­mikian, kami min­ta kepada pemakai ja­lan atau pengendara yang melintas di lokasi untuk berhati-hati dan yang terpenting adalah memperlambat laju kendaraan,” harap Deswarman. (ped)

 

Exit mobile version