Sekda Ajak Warga Datangi TPS Gunakan Hak Pilih, 10 Februari, Surat Suara Mulai Dikirim ke 2.681 TPS

LIHAT SURAT SUARA— Sekda Kota Padang Andree Algamar (tengah) didampingi Ketua KPU Padang Riki Eka Putra, menyaksikan proses lipat dan sortir surat suara Pemilu 2024, di Gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Jalan Bypass, Kilometer 19 Padang.

BYPASS, METRO–Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Andree Harmadi Algamar meninjau proses lipat dan sortir surat suara Pe­mili­han Umum (Pemilu) 2024, di Gudang Logistik Komisi Pe­mi­lihan Umum (KPU) Kota Padang Jalan Bypass, Kilometer 19 Padang. Peninjauan bertujuan untuk memastikan setiap pro­ses dan tahapan Pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 berjalan lancar dan terkendali.

“Kami dari Tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pemerintah Kota (Pemko) Pa­dang melakukan peninjauan ke Gedung Logistik KPU Kota Pa­dang. Ini bagian dari du­kungan ka­mi untuk bersama-sama me­­nyuk­­seskan penyeleng­ga­raan Pemilu,” kata An­dree, Rabu (17/1).

Andree mengajak seluruh masyarakat Kota Pa­dang untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 ini, terutama bagi para pemilih pemula supaya dapat menggunakan hak pilih dengan baik.

“Lebih kurang 29 hari ke depan, kita akan melaksanakan Pemilu. Untuk itu kami mengajak warga Kota Padang untuk bersama-sama datang ke TPS menggunakan hak pilihnya. Ini bentuk partisipasi kita da­lam mensukseskan proses demokrasi sekali lima ta­hun ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra mengatakan, pihaknya tengah menuntaskan proses sortir dan lipat surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPRD Pro­vinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan anggota DPD dan DPR RI.

“In shaa Allah kami tuntaskan untuk sortir dan lipat suara untuk anggota DPRD Kota Padang. Kami targetkan pada 19 Januari proses sortir dan lipat ini selesai. Kemudian kami lanjutkan pengesetan formulir kemudian pengepakan seluruh surat suara, logistik dan alat kelengkapan ke dalam kotak suara,” katanya.

Riki menambahkan, distribusi surat suara Pemilu dilaksanakan pada 10 Februari 2024 kepada 2.681 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Kota Padang.

“Kami mengucapkan terimakasih kasih kepada para pemangku kepentingan, baik itu Pemko Pa­dang, TNI, Polri, Kejaksaan, atas pengamanan pelaksanaan Pemilu sejauh ini. Kami tentu berharap Pemilu yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan aman,” imbuhnya.

Untuk diketahui, KPU Kota Padang menerima surat suara untuk DPR RI sebanyak 680.605 lembar, DPRD Provinsi sebanyak 680.605 lembar. Lalu DPRD Kota Padang Dapil 1 sebanyak 147.323 lembar, DPRD Kota Padang Dapil 2 sebanyak 108.573 lembar, DPRD Kota Padang Dapil 3 sebanyak 87.684 lembar.

Kemudian DPRD Kota Padang Dapil 4 sebanyak 110.086 lembar, DPRD Kota Padang Dapil 5 sebanyak 105.655 lembar. Selanjutnya, untuk DPRD Kota Pa­dang Dapil 6 sebanyak 121.284 lembar.

Total terdapat 3.403.000 surat suara yang disortir dan dilipat oleh petugas. Surat suara itu sesuai dengan jumlah pemilih di Kota Padang yakni 666.000 orang yang tersebar di 2.681 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (brm)

Exit mobile version