80 Balita Diberi Asupan Gizi, Kapolresta Canangkan “Aipda Dian WR Peduli Stunting” di Yayasan BAS 

PEDULI STUNTING— Kasat Binmas Polresta Padang Kompol Muzhendri, Aipda Dian WR dan Saribulih, saat pencanangan Gerakan Anak Sehat “Aipda Dian WR Peduli Stunting”, Kamis (17/1).

BANUARAN, METRO–Kapolresta Padang yang diwakili Kasat Binmas Polresta Padang Kompol Muzhendri mencanangkan Aipda Dian WR Peduli Stunting, Yayasan Berkah Amal Salih, di Banuaran Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung.

Pencanangan dilakukan bersama Camat Lubuk Begalung yang diwakili Sekretaris Camat (Sekcam) Akmal, Kepala Puskesmas Lubuk Begalung Dr. Sari Ramadhani, Kapolsek Lubuk Begalung yang diwakili Kanit Binmas Polsek Lubuk Begalung Iptu Abdullah, Lurah Banuaran Nan XX Defrison, ST dan pengurus Yayasan Berkah Amal Salih, Kamis (17/1).

Aipda Dian Wihendro Ratno mengaku program ini sengaja dilakukan untuk mendukung Gerakan Anak Sehat yang telah dicanangkan pemerintah. Baiknya bangsa ini ke depan tak terlepas dari kondisi balita hari ini.

“Jika saat ini balita sehat dan terbebas dari stunting maka akan tercipta generasi sehat demi menuju generasi emas yang berkarakter tahun 2045,”  ujar Aipda Dian Wihendro Ratno yang sehari-hari bertugas sebagai Anggota Reskrim Polsek Lubuk Begalung ini.

Aipda Dian WR yang baru saja diamanahkan sebagai Kasi Humas Polsek Lubuk Begalung, Polresta Padang ini menegaskan, “Aipda Dian WR Peduli Stunting” akan berlangsung setiap Rabu siang. Dengan melibatkan anak yang menderita stunting dan rentan stunting.

“Sebanyak 80 balita didampingi orang tua hadir untuk mendapatkan asupan gizi. Mereka juga kita beri makanan sehat untuk dibawa pulang. Kegiatan ini kita lakukan, setelah berkoordinasi dengan Puskesmas dan pihak kecamatan. Kita juga sangat termotivasi, lantaran tim kreatif Yayasan Berkah Amal Salih ini sebagian besar adalah kader Posyandu dan kader PKK Banuaran,” ujarnya.

Dia menegaskan, walau adanya kegiatan Aipda Dian WR peduli stunting, pria yang akrab disapa Dian Pitok ini tetap komit akan selalu berkontribusi di Jumat Berkah Berbagi.

“Aipda Dian WR Peduli Stunting untuk para balita yang terkena stunting dan rentan stunting. Sementara JBB Amal Salih, santunan untuk anak yatim yang tetap berlangsung setiap Jumat,” Aipda Dian WR yang juga dipercaya sebagai Ketua Pembinaan dan Pengembangan Potensi Generasi Muda (KP3GM) Yayasan Berkah Amal Salih ini.

Hadirnya Aipda Dian WR Peduli Stunting mendapat apresiasi Kepala Puskesmas Lubuk Begalung, dr. Sari Ramadhani. Dia tegaskan Aipda Dian telah memberi harapan besar dibidang kesehatan.

“Saya sangat terharu dengan program yang dicanangkan Yayasan Berkah Amal Salih. Saya juga sangat bahagia dengan kepedulian Pak Dian dengan menyisihkan sebagian rezekinya. Untuk turut serta memberantas dan mencegah stunting. Semoga Stunting di kecamatan Lubuk Begalung bisa 0 persen di 2024 ini,” ujarnya.

Dr. Sari Ramadhani menegaskan akan terlibat secara langsung untuk mendukung Aipda Dian WR Peduli Stunting ini. “Rabu depan kita juga akan melakukan edukasi pada orang tua balita yang rentan stunting di sini,” ujar dr. Sari Ramadhani yang selalu memiliki semangat optimis.

Sekretaris Camat Lubeg, Akmal mengapresiasi program yang dicanangkan Aipda Dian WR. Apalagi, Aipda Dian WR seorang polisi namun secara rutin berkiprah dibidang sosial.

Akmal menambahkan presiden telah berupaya untuk menekan angka stunting dengan mengeluarkan keputusan presiden. Semoga Lubuk Begalung terbebas dari stunting.

Kasat Binmas Polresta Padang Kompol Muzhendri merasa bangga dan terharu dengan program Gerakan Anak Sehat ‘Aipda Dian WR Peduli Stunting’.

“Seorang Aipda bisa mampu melakukan kegiatan ini. Apalagi sifatnya untuk membantu masyarakat yang ada di sekitar Banuaran. Alhamdulillah Pak Dian, mungkin ini inovasi dari Polri terhadap apa yang telah dilakukan Pak Dian dan Ibu dari dinas kesehatan, pak camat, pak lurah serta penggerak penggerak yang ada di Banuaran ini,” ujarnya.

Saking senangnya, Kompol Muzhendri menambahkan akan menyampaikan pada Pemko Padang bahwa telah melihat kegiatan ini secara langsung. “Nanti kita akan bertemu dengan wali kota dan kepala dinas,” ujarnya.

Sebelumnya, Pembina Yayasan Berkah Amal Salih, Saribulih mengungkapkan kiprah Aipda Dian WR dalam membantu masyarakat sudah tak terhitung lagi.  Aipda Dian WR menjadi donatur tetap di Jumat Berkah Berbagi (JBB) Amal Salih yang berlangsung setiap pekan.

“Aipda Dian WR juga donatur tetap pada kegiatan Pendidikan Peduli Anak Yatim setiap semester. Kegiatan ini berupa penyerahan bantuan untuk 60 anak yatim. Masing-masing memperoleh Rp400 ribu,” ujar Saribulih yang juga praktisi pendidikan ini.

Selain itu ujarnya, Aipda Dian juga secara rutin menyisihkan penghasilannya untuk membantu para dhuafa. “Pak Dian Pitok juga menyasar dunia pendidikan. Dengan memberikan paket sembako pada beberapa SMP yang ada di wilayah hukum Polsek Lubuk Begalung,” ujar Saribulih. (ped)

Exit mobile version