Pohon Sigalabuik Tumbang, 4 Rumah Warga Rusak

EVAKUASI POHON— Personel TRC BPBD Kota Padang melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa sejumlah rumah warga di jalan Palembang Gates RT 002 / RW 002, Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Rabu (17/1) siang.

GATES, METRO–Hujan deras yang terjadi di Kota Padang sejak Rabu (17/1) pagi, mengakibatkan pohon tumbang menimpa beberapa rumah warga di jalan Palembang Gates RT 002 / RW 002, Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung.

Kejadian tersebut terjadi pada pukul 13.10 WIB, disaat hujan deras berserta angin kencang sedang mengguyur Kota Padang. Akibat peristiwa itu kerugian ditaksir mencapai Rp 40 juta.

Tim Reaksi Cepat (TRC)­ Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, di bawah komando Kabid Kedaruratan dan Logistik (KL), Al Banna langsung melakukan eva­kuasi dan membantu warga.

“Pohon tumbang berjenis Sigalabuk, dan sudah melintang di rumah warga, sehingga tim langsung me­la­kukan evakuasi dengan peralatan yang telah dibawa,” kata Al Banna.

Pohon tersebut, diper­kirakan tidak mampu me­nahan berat sendiri pohon, sehingga mengalami patah di tengah batang, lalu menimpa rumah milik Firdaus (38), Masfar (72), Bernal (60), Nafrianto (42).

Dijelaskan Al Banna, rumah milik Firdaus (38) yang berwarna hijau tersebut, mengalami kerusakan yang cukup berat, atap rumah tersebut roboh usai ditimpa oleh pohon tersebut.

“Adapun yang menimpa beberapa rumah milik warga di Kecamatan Lubeg ini adalah pohon berjenis Sigalabuk, yang berukuran cukup besar yakni berdiamater 135 centimeter, dengan bentang mencapai 40 meter,” ungkap Kalaksa BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton.

Untuk mengevakuasi pohon, personel TRC BPBD dibantu Babinsa, Satpol PP, Babinkamtibmas, pihak kecamatan dan kelurahan, PLN, KSB, ketua RT RW, serta insan kebencanaan dan masyarakat setem­pat.”Ada empat rumah ser­ta empat KK yang terdam­pak dalam musibah ini. Untuk kerugian ditaksir mencapai Rp40 juta. Kita sekali lagi mengingatkan warga lebih waspada, karena cuaca saat ini masih ekstrem, sesuai prediksi dari BMKG,” pungkas Hendri. (brm)

Exit mobile version