Pemprov Dukung Pengembangan Objek Wisata Pantai Padang, Wagub Apresiasi Pemko Sudah Tata PKL

KUNJUNGI PANTAI PADANG— Wagub Sumbar Audy Joinaldy bersama Wawako Padang Ekos Albar, meninjau kawasan objek wisata Pantai Padang, tepatnya di Pusat Kuliner Pantai Padang. Wagub menilai keberhasilan Pemko menata PKL di sepanjang Pantai Padang patut diapresiasi.

PURUS, METRO-Objek wisata Pantai Padang yang saat ini sudah bersih, indah dan tertata dengan baik, menuai apresiasi dari Pemerintah Pro­vinsi (Pemprov) Sumatera Barat. Saat ini, Pantai Pa­dang menjadi ikon wisata dan banyak menarik perhatian para wi­satawan dari luar Kota Pa­dang dan juga Sumbar.

Hal ini disampaikan Wa­kil Gubernur (Wagub) Sumbar Audy Joinaldy saat meninjau kawasan objek wisata Pantai Padang, tepatnya di Pusat Kuliner Pantai Padang bersama Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar, Kamis (4/1).

Wagub menilai, keberhasilan Pemerintah Kota Padang melakukan penataan bagi pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Pantai Padang patut diapresiasi.

“Alhamdulillah, Pantai Padang sekarang sudah tertata dengan baik. PKL sudah direlokasi ke pusat kuliner sehingga tidak ada lagi yang berjualan di trotoar. Kita sama-sama me­nge­tahui jika Pantai Pa­dang masuk di dalam Kawa­san Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang yang juga bagian destinasi wisata unggulan Provinsi Sumatera Barat,” kata wagub.

Menurut Audy, Pemprov siap duduk bersama Pemko mendukung pe­ngem­­bangan lebih lanjut bagi kemajuan Pantai Pa­dang atau pun objek wisata lainnya di Kota Padang.

“Kota Padang adalah wajahnya Sumatera Barat. Untuk itu kita berharap senantiasa adanya kolaborasi yang baik antara Pemprov dan Pemko untuk kemajuan Kota Padang hingga masa-masa yang akan datang,” ulas Audy.

Sementara itu, Wawako Ekos Albar menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Wagub Sumbar dan jajaran yang melihatkan dukungan untuk upaya kemajuan Pantai Padang ke depan.

“Kami berterima kasih atas dukungan yang disampaikan Wagub Sumbar terkait upaya mencarikan bantuan CSR untuk peningkatan dan pengembangan Pantai Padang ke de­pan. Alhamdulillah, ini me­nandakan bahwa Pemko Padang itu tidak berjalan sendirian. Semoga dengan dukungan ini, Pantai Pa­dang menjadi lebih elok, menjadi objek wisata yang bersih, indah dan tertib tentunya,” imbuh Ekos Albar.

Kembangkan KWT Gunung Padang

Sebelumnya, Pemerintah Kota Padang menga­dakan rapat dengan Pemprov Sumatera Barat membahas pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Pa­dang.

Rapat ini dipimpin langsung Wagub Audy Joinaldi dan Wakil Wali Kota Pa­dang Ekos Albar, di Aula Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, Kamis (4/1). Ekos Albar mengatakan, pe­ngem­bangan Kawasan Wi­sata Terpadu (KWT) Gunung Padang merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kota Pa­dang melanjutkan pe­ngem­­­­bangan kawasan wi­sata terpadu gunung pa­dang, pulau-pulau kecil wilayah Timur.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang terus memperlihatkan perhatianya terhadap pengembangan KWT di Kota Padang. Momentnya sangat pas karena saat ini Pemerintah Kota Padang sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Padang,” ucap Ekos Albar.

Ekos Albar menambahkan, pasca penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) Pantai Padang pada September 2023 lalu, saat ini Pemerintah Kota Padang tengah membangun Pasar Kuliner Pantai Padang.

“Kami tentunya berharap dukungan dari Pemprov Sumbar untuk pe­ngem­bangan Pasar Kuliner­ ini ke depan, sehingga pengembangan pantai Pa­dang ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” pungkas Ekos Albar.

Sementara itu, Wagub Audy Joinaldy mengatakan, rapat ini dilaksanakan da­lam rangka kolaborasi mem­bahas kemajuan pariwisata Sumatera Barat, sa­lah satunya pembangunan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Kota Pa­dang.

“Hari ini kita berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Padang dalam memajukan pariwisata di Kota Padang. Padang ini adalah wajahnya Sumatera Barat. Jadi ke depan kita perkuat kolaborasi untuk kemajuan pariwisata Sumatera Barat,” ujar Audy.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Sekretaris Da­erah Kota Padang Andree Algamar, Kadis Pariwisata Sumatera Barat Luhur Budianda, Kadis Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Sani, dan pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Padang dan Pemprov Sumbar. (brm)

Exit mobile version