TPK Berperan Penting Atasi Stunting

BANTUAN SUSU— Ketua TP PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa, menyerahkan bantuan susu kaleng kepada anak yang berisiko stunting, saat pertemuan Tim Pendamping Keluarga (TPK), di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Selasa (19/12).

AZIZ CHAN, METRO–Wali Lota Padang Hendri Septa mengatakan, Tim Pendam­ping Keluarga (TPK) memiliki peranan penting dalam me­na­nga­ni masalah stunting di Kota Pa­dang.

Hal tersebut disampaikan Wako Hendri Septa sewaktu membuka secara resmi Per­te­muan TPK se-Kota Padang, di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Selasa (19/12). Ia menjelaskan, TPK merupakan tenaga yang dibentuk ter­diri dari bidan, kader TP PKK dan kader KB, untuk me­laksanakan pendam­pingan bagi calon pengan­tin/calon pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca persalinan, anak usia 0-59 bu­lan serta melakukan sur­vei­lans keluarga berisiko stunting.

“Pemerintah Kota Pa­dang telah membentuk TPK sebanyak 489 tim yang tersebar di 104 kelurahan dan 11 kecamatan yang berjumlah 1.467 orang. Me­reka nanti yang bersentuhan langsung dengan ma­syarakat dan memberikan masukan serta saran agar masyarakat memiliki asupan gizi sesuai yang dibutuhkan,” kata wako.

Ia menambahkan, untuk mendukung kinerja pa­ra TPK di lapangan, Pemerintah Kota Padang juga telah memberikan insentif ke­­pada para TPK, baik yang bersumber dari APBD Kota Padang, pemerintahan pusat, Corporation Social Responsibility (CSR) dan bantuan dari pihak lainnya.

“Kami berharap dengan adanya TPK ini dapat menangani masalah stunting di Kota Padang. Stunting merupakan kemunduran dalam hal fisik, kemunduran dalam hal pertumbuhan mental dan kemunduran otak, yang harus dicegah agar kita dapat membentuk generasi ber­kualitas,” pungkas wako.

Dalam kesempatan ter­sebut Wako Hendri Septa juga menyerahkan bantuan berupa susu kaleng untuk anak berisiko stunting dan baju serta rompi kepada TPK Kota Padang, yang me­­ru­pakan bantuan dari PT Fe­deral Internatio­nal Finance (FIFGROUP). Serta penyerahan dana insentif bagi TPK se-Kota Padang.

Turut hadir dalam ke­sem­patan tersebut, In­spek­tur Arfian, Kepala DP3A­P2KB Eri Sendjaya, Kadis Kesehatan Srikurnia Yati, Kadis Pertanian Yoice Yuliani, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa, pimpinan OPD, Camat, dan sta­keholder terkait. (brm)

Exit mobile version