Ribuan Warga Saksikan Pawai Telong-Telong, Mengulang Sejarah Perjuangan Pahlawan Membela Padang

MERIAH— Iring-iringan peserta Festival Pawai Telong-Telong dari perwakilan 11 kecamatan se-Kota Padang mengawali acara yang dipusatkan di di sepanjang depan Lapau Panjang Cimpago (LPC) Pantai Padang, Minggu (6/8) malam lalu.

PURUS, METRO–Ribuan masyarakat tumpah ruah di sepanjang depan Lapau Panjang Cimpago (LPC) Pantai Padang, Minggu (6/8) malam. Masyarakat menyak­sikan Festival Pawai Telong-Telong.

Sebelum memasuki puncak acara, iring-iringan Telong-Telong dari per­wakilan 11 kecamatan se-Kota Padang mengawali acara tersebut. Kegiatan dibuka dengan penampilan dari Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ), penampilan tari campursari, serta ko­mu­nitas lainnya.

Wali Kota Padang, Hen­dri Septa menjelaskan, Pa­wai Telong-Telong meru­pa­kan sejarah penting bagi Kota Padang, karena Be­lan­da sendiri tidak menduga akan diserang oleh pahlawan. “Ini adalah momen sejarah 354 tahun yaitu pada tanggal 6 Agustus 1669. Di mana pahlawan Kota Pa­dang berupaya untuk mengusir penjajahan Belanda dari buminya Kota Padang,” ucap Hendri Septa.

Wako menjelaskan, da­lam rangka peringatan Hari Jadi Kota Padang ke-354 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78, Pawai Telong-Telong ini memiliki nuansa per­juangan.

Hal ini bertujuan untuk kembali mengingatkan kha­­­­layak ramai serta ge­nerasi muda agar menghargai jasa para pahlawan. “Hal tersebut untuk mengingatkan kem­bali, bahwa kita berdiri di tanah perjuangan dan pe­ngor­banan dari para le­luhur­nya. Kita harus bisa menghargai jasa para pah­lawan,” tegasnya.

Ke depannya Wako ber­harap, agar seluruh lapisan masyarakat tidak melupakan jasa leluhur. Sebab para pahlawan rela mengorbankan dirinya demi  meraih kemerdekaan.

“Bahwa dengan pengorbanan yang berdarah-darah, tangisan untuk me­rebut kemerdekaan dari penjajah. Adapun cara ge­nerasi muda menghargai jasa pahlawan dengan me­raih prestasi dan pembangunan,” harapnya.

Usai memberikan sambutan, Wako dan sejumlah kepala OPD membuka secara resmi kegiatan Pawai Telong-Telong dengan pemukulan gendang serta pesta kembang api.

Kemudian, Wako juga mengajak sejumlah tamu undangan untuk melepas puluhan lampion terbang ke langit-langit yang semakin memeriahkan kegiatan Pawai Telong-Telong. Setelah itu, barulah kegiatan rombongan pawai ber­ge­rak melewati panggung utama. (cr2)

Exit mobile version