Meriahkan HUT Kota Padang, 30.192 Peserta Ikuti GSNA VII

PELEPASAN PESERTA— Wali Kota Padang Hendri Septa melepas puluhan ribu peserta Gowes Siti Nurbaya Adventure (GSNA) VII Tahun 2023 yang digelar di GOR H. Agus Salim, Minggu (6/8) pagi lalu.

GOR, METRO–Sebanyak 30.192 peserta mengikuti Gowes Siti Nurbaya Adventure (GSNA)­ VII Tahun 2023 yang digelar di GOR H. Agus Salim, Minggu (6/8) pagi. Iven dalam rangka memeriahkan HUT Kota Padang ke-354 ini dibuka oleh Wali Kota Padang Hendri Septa.

Dalam sambutannya, Wako Hendri Septa mengatakan, Gowes Siti Nurbaya Adventure (GSNA) VII ini merupakan salah satu rang­kaian kegiatan dalam memeriahkan HUT Kota Padang ke-354.

“Alhamdulillah, kita sa­ngat bersyukur iven Gowes Siti Nurbaya ini kembali digelar hari ini. Iven ini adalah kegiatan rutin tahunan Pemko Padang,” ujar Wako Hendri Septa.

Wako bersyukur, iven Gowes Siti Nurbaya ini disambut antusias oleh ma­syarakat. Ini terbukti se­bany­ak 30.192 orang me­ngi­kuti iven ini. Pesertanya tidak saja berasal dari Kota Padang, tapi juga dari luar propinsi.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan sukses dan lancar. Semoga iven ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Pa­dang,” harap Wako Hendri Septa.

Pada iven ini, Pemko Padang menyediakan ha­diah utama berupa satu paket umroh, sepeda, kulkas, kipas angin, dan lainnya.

Ikut hadir memeriahkan Gowes Siti Nurbaya Adventure diantaranya Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar, Kombes Pol Ferri Harahap, Sekda Padang Andree Algamar, Ketua TP PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa, Ketua DWP Padang Ny. Vanny Andree Algamar, Ketua GOW Kota Padang Ny. Arie Ekos Albar, asisten, kepala OPD di lingkungan Pemko Padang dan lainnya.

Festival Siti Nurbaya dan Peresmian “Galanggang”

Sementara itu, Wako Hendri Septa, secara res­mi membuka Festival Siti Nurbaya dan meresmikan “Ga­langgang” di lapangan Tugu Apeksi, Balaikota Aie Pacah, Sabtu (5/8) malam.

Hendri Septa menyebut, Hari Jadi Kota Padang ke-354 juga merupakan momentum untuk menjalin silaturahmi antara pemerintah dan masyarakatnya. “Ini juga merupakan momentum dimana pemerintah menjalin silaturahim, bercengkrama dengan rak­­­­yatnya. Niniak mamak dengan anak kamanakannya. Saudara-saudara dengan teman-temannya,” ucap Hendri Septa.

Wako menjelaskan, “Ga­­langgang” atau yang biasa dikenal dengan alun-alun kota, dipersembahkan untuk masyarakat. Bisa dinikmati, dipakai, dan dimanfaatkan oleh ma­sya­rakat Kota Padang.

“Dikarenakan ini ada di Minangkabau, alun-alun kota ini kita namakan Galanggang Kota Padang. Hal ini dapat dipakai dan dimanfaatkan oleh masya­ra­kat Kota Padang. Silakan, gu­nakanlah,” ucap Hendri Septa.

Meski begitu, tambah Wako, agar masyarakat selalu menjaga “Galanggang” Kota Padang ini dengan menjaga kebersihannya.

“Meski begitu, saya berharap, agar ma­syara­kat yang datang untuk sa­ma-sama kita jaga kebersi­han Galanggang Kota Pa­dang ini ke depannya,” tambahnya.

Wako juga menyampaikan, dengan kegiatan Festival Siti Nurbaya Tahun 2023 dapat terjalinnya perputaran ekonomi, guna meningkatkan perekonomian ma­sya­rakatnya.

“Insya Allah, dengan peringatan Hari Jadi Kota Padang, diharapkan terjadinya perputaran perekonomian. Sekaligus menghibur ma­syarakat semuanya,” tuturnya.

Ditegaskan Wako, serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam menyambut Hari Jadi Kota Pa­dang, merupakan tugas dan tanggung jawab pemerintah untuk menghibur ma­syarakatnya.

“Selain itu juga memperhatikan dan mensukseskan perekonomian di Kota Padang. Jagalah kekompakan, jagalah kebersamaan, serta persatuan,” tutupnya. (cr2)

Exit mobile version