354 Tahun Kota Padang, Gowes Siti Nurbaya Adventure Dihadiri 10.000 Peserta

PERSIAPAN— Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang menggelar checking terakhir kegiatan Gowes Siti Nurbaya Adventure (GSNA). Hal tersebut bertujuan untuk memastikan perhelatan tersebut berjalan lancar, Selasa (1/8).

AIEPACAH, METRO–Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-354 Kota Padang, Wali Kota Padang, Hendri Septa, mela­kukan kunjungan ke sejumlah lokasi tempat acara kegiatan, Selasa (1/8). Dalam kun­jungan­nya ke Komplek Balaikota Pa­dang, Aie Pacah menyebut, ke­gia­tan Pesta Rakyat HUT ke-354 Kota Padang sudah dimulai pada Minggu (30/7) lalu.

“Pada Minggu (30/7), Padang Fashion Market Day 2023, alhamdulillah, luar biasa antusisnya dari para desainer lokal kita. Mudah-mudahan karya dari para desainer Kota Padang dan Indonesia diminati oleh seluruh komunitas fashion,” ucap Hendri Septa.

Wako menjelaskan, adapun kegiatan lain akan dilaksanakan pada Jumat (4/8) hingga Senin (7/8) mendatang. “Jumat (4/8) pukul 09.00 WIB akan dibuka dengan Tabligh Akbar. Alhamdulillah kita mengundang ustaz Adi Hidayat. Beliau bersedia hadir,” tambahnya.

Kemudian akan ada kegiatan donor darah yang di­selenggarakan Dinas Per­dagangan Kota Pa­dang. Ajangsana ke Panti Asuhan oleh Dinas Sosial Kota Padang pada pukul 14.00 WIB. Dilanjutkan  Festival Randai Mandabua Ombak pukul 19.00 WIB yang akan disiapkan di Gelanggang Kesenian Pantai Cimpago.

“Kita juga mengundang seluruh masyarakat untuk bersama dalam membantu Palang Merah Indonesia (PMI),” jelasnya.

Pada Sabtu (5/8) pukul 07.00 WIB akan ada jalan santai. Gowes Siti Nurbaya Adventure VII XC Race pukul 07.30 WIB. Festival Bajamba pada pukul 09.00 WIB. Festival Siti Nurbaya pukul 19.00 WIB di Komplek Balaikota Padang, Aiepacah.

“Kita berharap sekitar 30-50 ribu masyarakat ikut hadir. Hadianya pun luar biasa. Dari sepeda, sepeda motor, kupon penginapan bagi 10 pemenang,” terangnya.

Wako menjelaskan, rang­kaian kegiatan tidak lupa dengan unsur-unsur yang ada. Seperti olahraga, seni, budaya, pendidikan, dan ekonomi. Pihaknya memasukan unsur-unsur itu pada Hari Jadi Kota Padang.

“Kita juga akan meres­mikan Gelanggang di Balaikota Padang, Aie Pacah. Kawasan Kantor Balaikota kita jadikan tempat ma­syarakat. Seperti tempat mengurus kebutuhan, tempat hiburan keluarga, peningkatan ekonomi dan lain-lain,” akunya.

Pada Minggu (6/8) kegiatan Gowes Siti Nurbaya Adventure VII Fun Adventure dilgelar pada 07.30 WIB. Kemudian juga ada Festival Band Sesi 2 pada pukul 09.00 untuk anak mu­da. Di malam hari pukul 19.00 akan ada Pawai Telong-Telong.

“Insya Allah diperkirakan sebanyak 50 ribu orang akan mengikuti. Hadiahnya juga macam-macam. Seperti sepeda, sepeda motor, umroh, dan lain-lain. Diundang seluruh rekan-rekan dari luar kota dan luar Provinsi Sumbar,” jelasnya.

Acara ini, kata wako adalah bentuk kegiatan yang pernah dilakukan saat pandemi. Untuk sekarang akan dilakukan lagi.

Sementara, pada acara puncak Senin (7/8) pukul 07.00 WIB ada Rapat Pari­purna Istimewa Hari Jadi Kota Padang ke-354 di gedung baru DPRD Aiepacah. Lomba Drama Kolosal pu­kul 09.00 WIB. Peresmian Galanggang pukul 17.00 WIB. Serta Penutupan Festival Siti Nurbaya pukul 19.00.

“Kita akan melaunching Call Center 112. Dengan menghubungi 112, ma­sya­rakat dapat meminta bantuan. Baik itu seputar kebakaran, sosial, kebencanaan, dan lain-lain,” tutupnya.

Dispora Matangkan Persiapan

Di sisi lain, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pa­dang menggelar checking terakhir kegiatan Gowes Siti Nurbaya Adventure (GSNA). Hal tersebut bertujuan untuk memastikan perhelatan tersebut berjalan lancar, Selasa (1/8).

Asisten II Bidang Pere­konomian dan Pembangunan,  Didi Ariyadi me­nyebut Gowes Siti Nurbaya Adventure (GSNA) merupakan salah satu rangkaian HUT Kota Padang ke-354. Pada perayaan HUT kali ini akan ada banyak iven yang bisa disaksikan oleh masyarakat

“Kita berharap dengan perhelatan HUT Kota Pa­dang, ekonomi terus ber­ge­rak. Semoga Padang men­jadi  kota Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE),” kata Didi saat rapat checking terakhir di Rumah Dinas Wali Kota Padang.

Lanjutnya, melalui iven ini dapat memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Apalagi banyaknya iven sehingga banyak yang berinvestasi  dan meningkatkan perekonomian Kota Padang. “Kita terus berupaya bagaimana nantinya GSNA  menjadi salah satu ikon ‘activity’ yang bergengsi dan sesuatu yang melegenda sehingga dikenal banyak orang,” harapnya.

Kadispora Afriadi me­nyebut untuk pengamanan pada GSNA akan melibatkan TNI dari Denpom I/4, pihak kepolisian dan Satpol PP serta  Marshal dari ASRI Kota padang yang melibatkan sekitar 50 orang.

“Hari ini sudah tercatat jumlah peserta sekitar 10 ribu orang dari luar Sumbar, biasanya dari  Sumbar dan Kota Padang itu men­daftar di H-3 atay H-2 menjelang penutupan,” kata Afriadi.

Lebih lanjut, Afriadi mengatakan sudah ada 15 provinsi yang mendaftarkan diri termasuk Dispora dan DPRD se-indonesia. “Ini menjadi kebanggaan bagi kita, sebab nantinya acara kita juga dimeriahkan dari daerah lain,” terangnya.

Kemudian, ia menyebut terkait rute sudah ditinjau langsung ke lapangan, dilakukan goro dan  layak nantinya untuk dilalui peserta GSNA. Diketahui bahwa GSNA ini bertabur hadiah dengan hadiah utama umroh, hadiah lainnya seperti uang tunai, sepeda, alat elektronik serta lainnya. (cr2)

Exit mobile version