Pejabat Pemko Ramai-ramai Pindah ke Rumah Bagonjong, Wako: Tidak Masalah, itu Tandanya Pemprov Butuh!

Hendri Septa Wali Kota Padang

AZIZ CHAN, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa akhirnya angkat bicara terkait menyeberangnya se­jum­lah pejabat Organisasi Pe­rangkat Daerah (OPD) Pemko Padang ke Rumah Bagonjong, Pemprov Sumbar. Bahkan, ra­ta-rata mereka adalah yang men­duduki posisi kepala OPD strategis.

“Tidak ada masalah de­ngan berpindahnya beberapa kepala OPD saya ke ke Peme­rintah Provinsi Sumbar. Ini ber­arti kinerja mereka selama di Pemko Padang bagus dan sudah maksimal,” kata wako, kemarin.

“Saya tidak ada ma­salah dengan ini. Artinya, banyak kepala OPD Pemko yang dibu­tuh­kan Peme­rintah Provinsi,” lanjut wako.

Tercatat dalam sebulan terakhir ini saja, ada dua dari tiga kepala OPD Pem­ko Pa­dang hijrah ke Pem­prov Sum­bar. Di antaranya, Rudy Rinal­dy yang sebe­lum­nya menjabat sebagai Kepala Dinas Per­ta­nahan pindah ke Pemprov seba­gai Kepala Badan Pe­nang­gulangan Ben­­cana Daerah (BPBD).

Posisi yang ditinggal Rudy sementara waktu ditempati oleh Sekretaris Dinas Perta­na­han, Rido Satria.

Teranyar, Kepala Sa­tuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kota Padang, Mursalim dilantik Gubernur Sumbar, Mahyeldi sebagai Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Karo Adpim), pada Senin (24/7) lalu.

“Sebetulnya kita ber­bangga bahwa indeks pem­­­bangunan manusia Kota Padang itu tertinggi di Sumatera Barat dan termasuk sepuluh besar di Indonesia,” lanjutnya.

Menurut wako, dengan adanya ASN Pemko Pa­dang yang ditarik oleh Pemerintah Provinsi maupun daerah lain di Sumbar, maka akan memberikan kesempatan juga terhadap masyarakat yang ada di Kota Padang.

“Dengan adanya per­pindahan mengisi jabatan di instansi lain, maka ini akan dapat juga mem­beri­kan kesempatan kepada yang lain, yang berada di Kota Padang untuk meniti karir,” kata wako.

Dijelaskan, Pemko Pa­dang tidak akan kekurangan Aparatur Sipil Negara (ASN), karena di Pemko Padang itu sendiri ada sekitar kurang lebih 15.000 yang terdiri dari orang-orang hebat.

Untuk diketahui, hingga kini sudah tercatat ada 8 pejabat Pemko yang angkat kaki dan memilih pindah ke Pemprov Sumbar. Selain Rudy Rinaldi dan Mursalim, sebelumnya ada enam pejabat yang lebih dulu berlabuh ke Rumah Bagonjong.

Mereka adalah, Kepala Dinas Pemberdayaan Ma­sya­rakat Desa (PMD) Sumbar, Amasrul, Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi, Asisten III Andri Yulika, Kepala Biro Kesra, Al Amin, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Endrizal, Kepala Dinas Pendidikan Barlius.

Kosongnya sejumlah kursi kepala OPD Pemko ini, tentu tak boleh dibiarkan. Agar roda organisasi tetap berjalan, Wali Kota Padang, Hendri Septa telah menunjuk Kepala Badan Pe­ngelolaan Keuangan dan­ Aset Daerah (BPKAD), Raju Minropa sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kasatpol PP Kota Padang. (cr2)

Exit mobile version