Penumpukan Sampah di Tempat yang Salah, Mairizon: Banyak TPS Tak Terintegrasi Sistem Pengelolaan Sampah

PENUMPUKAN SAMPAH— Penumpukan sampah di salah satu sudut Kota Padang. Meskipun berkomitmen untuk menciptakan kebersihan kota yang lebih baik, namun Di beberapa lokasi, masih banyak ditemui TPS yang tidak resmi dan tidak terintegrasi dengan sistem pengelolaan sampah kota.

BALAI BARU, METRO–Kota Padang telah mengambil lang­kah-langkah yang kuat dan berkomitmen untuk menciptakan kebersihan kota yang lebih baik.

Setiap hari, petugas kebersihan memulai tugas mereka di pagi hari dengan menyapu jalan serta meng­angkut sampah dari TPS ke TPA.

Lembaga Pengelola Sam­­pah (LPS) juga telah dibentuk pada setiap keca­ma­tan dan kelurahan yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan sampah dari rumah tangga dan mengangkut sampah ke TPS.

Kepala DLH Padang Mairizon mengatakan mes­­kipun upaya telah dila­kukan, tantangan yang di­ha­dapi masih besar.

“Di beberapa lokasi, masih banyak ditemui TPS yang tidak resmi dan tidak terintegrasi dengan sistem pengelolaan sampah kota. Hal ini menyebabkan pe­numpukan sampah di tem­pat yang salah dan men­­jadi pemandangan yang kurang menye­na­ngkan,” ujar Mairizon, Ming­gu (23/7).

Selain itu, masih ter­dapat sebagian masya­rakat yang belum sepe­nuh­nya menyadari pentingnya me­letakkan sampah ke dalam TPS yang telah di­sediakan.

“Kebiasaan membuang sampah sembarangan ma­sih terjadi, baik disengaja maupun karena kurangnya pengetahuan akan dam­pak buruknya terhadap lingkungan,” ungkapnya. (cr2)

Exit mobile version