Hendri Septa Kembali Mencari Wali Kota Cilik

WAKO CILIK— Wako Hendri Septa bersama Wai Kota dan Wawako Cilik tahun 2022. Pada tahun ini Pemko Padang kembali mencari Wako Cilik yang nanti akan diumumkan puncak acara Hari Anak Nasional Tingkat Kota Padang pada tanggal 29 Juli 2023 di Gedung Youth Center.

AIE PACAH, METRO–Pemerintah Kota Padang sedang mencari Wali Kota Cilik. Para orang­tua diimbau untuk menyiapkan anak-anaknya agar dapat mengikuti ajang tahunan tersebut.

“Kita kembali mencari Wali Kota Cilik tahun 2023. Pendaftaran sudah kita buka pekan ini,” ungkap Kepala DP3AP2KB Kota Padang Eri Send­jaya, Kamis (13/7).

Ajang pencarian wali kota cilik merupakan lomba kreatifitas anak. Pen­daf­taran sudah dibuka sejak tanggal 10 Juli. “Pendaf­taran akan kita tutup pada tang­gal 16 Juli nanti,” terang Ka­bid Pemenuhan Hak­ Anak DP3AP2KB, Wirdanis.

Peserta lomba merupakan siswa dan siswi setingkat SMP/MTsN di Kota Padang. Mereka akan mewakili se­kolah masing-masing. Siswa dan siswi yang mendaftar diwajibkan membawa surat pengantar dari sekolah serta ka­rya tulis yang memuat ide dan gagasan dengan judul “Jika Saya Menjadi Wali Kota Padang”.

“Surat pengantar dari sekolah beserta karya tulis diantar langsung ke Sekretariat DP3AP2KB Kota Pa­dang di jalan Khatib Sulaiman nomor 1,” tutur Wirdanis yang akrab disapa Wira itu.

Karya tulis yang dikirimkan dibuat dengan tulisan tangan yang bersih dan rapi. Agar dapat dibaca, tulisan menggunakan tinta warna hitam dengan panjang tulisan maksimal dua halaman kertas folio. Tulisan berisi pandangan tentang pembangunan Ko­ta Padang dengan mengaitkan lima klaster dan 24 indikator Kota Layak Anak (KLA).

“Peserta diwajibkan me­milih salah satu dari lima klaster tersebut,” tambah Wira.

Lima klaster itu yakni Hak Sipil Kebebasan, Ling­kungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kesehatan Dasar dan Keejah­teraan, Pendidikan Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya, serta Perlindungan Khusus.

Seleksi dan tahap penyaringan oleh panitia akan dilakukan pada tanggal 17 hingga 18 Juli. Panitia akan memilih 30 karya tulis terbaik dan mengumumkannya. “Pada tanggal 19 Juli nanti, 30 peserta dengan karya tulis terbaik akan hadir langsung di depan juri untuk kemudian dikerucutkan lagi menjadi 13 orang finalis,” sebut Wira.

Pembekalan bagi 13 finalis dilakukan pada tanggal 20 Juli. Setelah dilakukan pembekalan, 13 finalis diwajibkan membuat video kampanye di sekolah masing-masing sesuai dengan narasi pada karya tulis. Pengambilan video dilakukan mulai tanggal 24 hingga 27 Juli.

“Video tersebut diserahkan kepada panitia paling lambat tanggal 27 Juli,” ujar Wira.

Pemenang Wali Kota Cilik diumumkan pada puncak acara Hari Anak Nasional Tingkat Kota Padang pada tanggal 29 Juli 2023 di Gedung Youth Center. Nan­ti­nya pemenangan per­tama berhak menjadi Wali Kota Cilik. Sementara pe­menang kedua didapuk sebagai Wakil Wali Kota Cilik.

Menariknya, sebelas peserta lainnya yang menjad finalis akan didaulat sebagai Camat Cilik. Mereka akan menjadi Camat Cilik di 11 kecamatan di Padang. Selama setahun ke depan, Wali Kota Cilik, Wakil Wali Kota Cilik akan diberi ruang dan waktu menghadiri rangkaian kegiatan peringatan HUT Kota Padang, serta upacara hari besar lainnya.

“Wali Kota Cilik dan Wakil Wali Kota Cilik akan diberi seragam PDU, salempang, piagam dan reward. Sementara 11 orang finalis lainnya menjadi du­ta anak pada masing-masing kecamatan di Padang, serta menjadi anggota Forum Anak Kota Padang,” ungkap Kabid Pemenuhan Hak Anak itu. (cr2)

Exit mobile version