Hujan Deras dan Angin Kencang, BPBD Kota Padang Minta Warga Waspada Banjir dan Pohon Tumbang

PEMBERSIHAN POHON TUMBANG— Personel BPBD Kota Padang melakukan evakuasi dan pembersihan material pohon tumbang, beberapa waktu lalu. Saat ini BPBD tetap mengimbau warga untuk waspada terhadap bencana banjir hingga pohon tumbang.

AIE PACAH, METRO–Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BP­BD) Kota Padang meminta warga agar mewaspadai potensi bencana banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang akibat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi dalam bebe­rapa hari terakhir.

“Mengingat tingginya curah hujan disertai angin kencang di Kota Padang dalam beberapa hari ter­akhir, warga diminta was­pada terhadap potensi ber­bagai bencana,” kata Pe­lak­sana Tugas Kepala Pe­laksana BPBD Padang Yeni Yuliza di Padang, kemarin.

Ia mengatakan hujan lebat yang disertai angin kencang dapat memicu terjadinya bencana banjir, pohon tumbang, tanah longsor, dan lainnya. Yeni juga mengingatkan warga yang tinggal di pinggiran sungai agar berhati-hati saat beraktivitas, apalagi saat debit air sungai mulai tinggi.

“Kewaspadaan dari masyarakat diharapkan bisa berguna untuk keselamatan bersama serta menekan risiko ketika bencana terjadi,” katanya.

Sejalan dengan hal tersebut, kata dia, BPBD juga menyiagakan puluhan personel yang bisa dikerahkan langsung ke lokasi untuk penanganan bencana.“Personel disiagakan untuk memberikan penanganan seperti membersihkan material longsor dan pohon tumbang, serta eva­kuasi warga ketika dibutuhkan,” katanya.

BPBD juga menyiagakan layanan bagi warga yang membutuhkan penanganan bencana melalui kanal darurat lewat nomor 0751-778775, WhatsApp 085891522181, dan radio komunikasi HT 170.300 HZ.

Menurut dia, warga bisa melaporkan kejadian pohon tumbang, banjir, longsor, dan bencana alam lainnya melalui layanan yang disediakan tersebut. “Setiap pengaduan yang masuk dari ma­syarakat pasti kami tindak lanjuti segera dengan mengirimkan personel untuk penanganan,” katanya. (cr2)

Exit mobile version