Pemko Tetapkan Shalat Idul Adha di Lapangan Balaikota

BALAI KOTA— Pemko Padang menetapkan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha pada tanggal 10 Zulhijjah 1444 H atau Kamis 29 Juni. Salat Ied rencananya dipusatkan di Lapangan Kantor Balaikota Padang, Aie Pacah.

AIE PACAH, METRO–Pemko Padang menetapkan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha pada tanggal 10 Zulhijjah 1444 H atau Kamis 29 Juni. Salat Ied rencananya dipusatkan di Lapangan Kantor Balaikota Padang, Aie Pacah, Kamis pagi itu.

Plh Kabag Kesra Setdako Padang, Syahrial Kamat menjelaskan, penetapan tersebut sudah melalui rapat bersama pimpinan hing­ga Kementerian Agama. “Berdasarkan hasil rapat, kita sepakat untuk melaksanakan Salat Ied di Lapangan Kantor Balaikota. Kesiapan akan dimulai pada pukul 06.30 WIB,” ucap Syahrial Kamat, beberapa waktu lalu.

Adapun pesan Syahrial, meskipun dipusatkan di Lapangan Kantor Balaikota, Aie Pacah, diharapkan kehadiran masyarakat da­lam melaksanakan salat Ied berjamaah.

“Kita jadikan Hari Raya Idul Adha ini sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaq­waan kepada Allah SWT,” tambahnya.

Tidak hanya kepada Allah SWT, Syahrial juga berharap, momen Hari Raya Idul Adha 1444 H, dapat dijadikan contoh, suri tauladan bagi pemeluk agama lain dalam memperkuat kerukunan antar umat ber­agama. “Adapun yang akan mengimami ialah Dr. H Suardi A. Kemudian yang  bertindak sebagai khatibnya nanti ialah Prof. D.r H Salmadanis, M.A,” tuturnya.

Sebelumnya, terkait per­bedaan tersebut Pemko Padang meminta ma­sya­rakat menyikapinya de­ngan cara positif.  “Kita mengimbau kepada ma­sya­rakat untuk bersikap positif, menghargai perbedaan, dan lakukan ibadah sesuai kepercayaan serta keyakinan masing-masing,” ucap Syahrial Kamat.

Menurut Syahrial, perbedaan pelaksanaan merupakan hal baik. Mengacu kepada kepercayaan dan keyakinan, hal tersebut tidak elok untuk dipaksakan. “Terpenting, kita harus saling menghargai dan menghormati perbedaan tersebut. Kita beribadah kepada Allah SWT. Bahkan, dalam ajaran agama Islam juga diajarkan menghargai antar sesama,” terangnya.

Kemudian, Syahrial ber­harap, seluruh masya­ra­kat dapat menikmati, membersamai, dan keberkahan selalu datang untuk Kota Padang.

Diketahui, pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan awal Zulhijah pada Selasa (20/6). Dengan demikian, Hari Raya Iduladha jatuh pada Kamis 29 Juni. Penetapan Hari Raya Iduladha 1444 H oleh pemerintah ini merupakan hasil hisab dan ruk­yat yang telah dilaksanakan oleh tim hisab rukyat Ke­menterian Agama di 99 titik seluruh wilayah Indonesia.

Sementara Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah terlebih dulu menetapkan Hari Raya Iduladha 1444 H jatuh pada Rabu 28 Juni. Keputusan ini ditetapkan Muhammadiyah berdasarkan kriteria Hisab Hakiki Wujudul Hilal. (cr2)

Exit mobile version