Siswa SMKN 1 Sumbar Diberi Pelatihan Wawasan Dunia Kerja

FOTO BERSAMA— Kabid Pentalattas Disnakerin Kota Padang Widia Afriyanti foto bersama dengan Kepala SMKN 1 Sumbar dan guru usai pembukaan penyuluhan dan bimbingan jabatan (Binjab), Kamis (22/9).

PADANG, METRO–Tamatan sekolah kejuruan merupakan calon tenaga kerja, sehingga mereka perlu meningkatkan wawasan dunia tenaga kerja tersebut. Termasuk pengetahuan kesempatan kerja ke luar negeri serta mekanismenya.

Menjawab tantangan dunia kerja bagi calon kerja tersebut, Disnakerin Padang menghelat penyuluhan dan bimbingan jabatan (binjab) terhadap puluhan siswa SMKN 1 Sumbar, Kamis (22/9).  “Selain itu dalam memberikan pemahaman kepada siswa, soal informasi kerja, pelatihan dan cara membuat lamaran kerja,” ungkap Kadisnakerin Padang melalui Kabid Penempatan Pelatihan dan Produktivitas (Pentalattas) Widia Afriyanti SSTp MM.

Kata Widia, karena sis­wa kelas XII ini bakal meningkatkan bangku sekolah, tentu bagi siswa yang mau bekerja perlu mendapatkan informasi dunia kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk menibgkatkan penempatan kerja berdasarkan potensi bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki siswa.

Kemudian, untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang informasi pasar kerja, memahami jabatan, lingkungan kerja dan risiko kerja. Serta informasi program pembangunan daerah di bidang ketenagakerjaan, lembaga bursa kerja, lembaga pelatihan dan prosedur kerja ke luar negeri.

“Sekaligus memberikan bimbingan kepada siswa dalam memilih jurusan yang sesuai dengan potensi diri siswa,” kata Widia.

Dikatakan Widia, serta informasi menibgkatkan karir, promosi, bantuan kepada perusahaan dalam seleksi pegawai. Juga informasi soal pengurusan AK – 1 online, penggunaan aplikasi Sisnaker siap kerja, Karirhub, sehingga sis­wa dapat mengurus AK – 1 secara online dan mendapatkan aplikasi siap kerja.

Diungkapkan Widia, me­lihat masalah pengangguran tak bisa dilihat dari sisi saja. Tapi masalah pengangguran dipengaruhi pendidikan dan kurangnya ketrampilan. Menurut data BPS tahun 2021 terdapat angkatan kerja di Kota Padang mencapai 416.090, sedangkan pengangguran terbuka mencapai 13,37 persen. Diperkirakan ada sekitar 122 ribu pengangguran di Kota Padang dengan latar belakang pendidikan yang beragam.

Kepala SMKN 1 Sumbar Zulkifli SP mengharapkan, siswa dan siswinya serius mengikuti penyuluhan dan Binjab ini. “Karena kegiatan ini sangat berguna bagi siswa dalam menghadapi dunia kerja setelah meninggalkan bangku sekolah nanti, “ kata Zulkifli.

Ditambahkan Zulkifli, sekitar 55 persen lulusan siswa akan bekerja, sekitar 30 persen akan berwiraswasta dan sisanya akan melanjutkan pendidikan. Selain itu siswa ini juga dibekali praktek lapangan. Diharapkan siswa jangan diam saja, akan tetapi terus ikuti perkembangan dunia kerja. Karena saat ini merupakan era teknologi informasi.  (ped)

Exit mobile version