April, Trans Padang Koridor V dan VI Mengaspal, 20 Unit Bus sudah Datang

Trans Padang.

PADANG, METRO–Rute baru bus Trans Padang, Pasar Raya-Limau Manis dan Pasar Raya-In­darung atau Koridor V dan VI, diren­ca­nakan beroperasi pada April mendatang. Dirut Perusda Padang Se­jahtera Mandiri (PSM) Kota Padang, Popy Irawan me­ngatakan saat ini proses operasional bus Trans Pa­dang koridor V (Pasar Raya – Indarung) dan Koridor VI (Pasar Raya – Limau Manih) masih dalam persiapan.

“Kita ingin jelang Ramadhan 1443 H nanti sudah bisa aktif. Sehingga di awal April, armada Bus Trans Padang untuk koridor baru ini sudah bisa dioperasionalkan,” ujar  Poppy Irawan, Rabu (23/3).

Ia mengatakan, pengoperasian Trans Padang Koridor V dan VI untuk menjawab kebutuhan ma­syarakat bertransportasi serta memudahkan akses menuju lokasi tujuan. Bus yang akan melakukan tra­yek di kedua jalur, masing-masing sebanyak 10 unit.

“Jadi total yang aktif sebanyak 20 unit. Untuk saat ini busnya telah datang,” ulasnya.

Dijelaskan, saat ini transportasi bus Trans Pa­dang yang telah jalan atau beroperasi adalah 35 unit. Yakni pada koridor I (Pasar Raya – Batas Kota), IV (Anak Aia – Teluk Bayur). Jumlah bus trayek koridor I 25 unit dan IV sebanyak 10 unit.

“Total bus Trans Pa­dang yang telah jalan ada 35 unit,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dis­hub Kota Padang, Yudi Indrasyani membenarkan jika Koridor V dan VI akan segera beroperasi. Untuk anggaran pengaktifan bus Trans Padang disemua koridor adalah Rp24 miliar. Peruntukkannya untuk sarana dan prasarana bus Trans Padang. Baik itu halte, dan kebutuhan lainnya.

“Kita berharap dengan beroperasi Trans Padang koridor V dan VI akses ma­syarakat terbantu dan PAD Kota bertambah,” paparnya.

Keberadaan BRT (Bus Rapid Transit)/Trans Pa­dang yang mengusung kon­sep aman dan nyaman ini juga salah satu progam unggulan (progul) Wali Kota Padang  sudah ditunggu-tunggu dan diharapkan  keberadaannya oleh warga Pauh dalam menunjang mobilitas dan juga segenap civitas akademika Universitas Andalas.

Di sisi lain, Yudi mengatakan, Dishub berencana di akhir tahun 2022 juga akan mengaktifkan Trans Pa­dang koridor III, yakni jurusan Pasar Raya – Lapai – Bypass. Namun semuanya butuh proses.

Untuk diketahui, ada sejumlah perbedaan yang akan hadir pada Trans Pa­dang Koridor V dan VI. Salah satunya dengan hal­te. Bus pada Koridor V dan VI lebih rendah dari bus-bus yang sebelumnya. Pe­numpang bisa langsung naik tanpa naik ke tempat yang lebih tinggi, seperti halte yang ada saat ini.

Selain itu, interior bus baru untuk Trans Padang juga akan tampil berbeda, dan akan lebih mengutamakan kenyamanan para penumpang.

Meskipun tak memiliki halte yang tinggi, Dishub tetap menyediakan halte berupa rambu-rambu tempat bus berhenti. (ade)

Exit mobile version