APEKSI di Padang, Pawai Budaya Nusantara Digelar

Raju Minropa Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang

SAMUDERA, METRO–Memeriahkan iven nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Padang pada bulan Agustus nanti, pawai telong-telong digelar.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Raju Minropa me­ngatakan pawai-pawai telong yang bakal dilaksanakan nanti adalah pawai telong-telong yang dimodifikasi menjadi pawai bu­daya nusantara. “Pawai ini nanti­nya akan diikuti oleh seluruh peserta APEKSI,” ujar Raju Min­ropa, kemarin.

Pawai ini diadakan pada ma­lam hari, dimana dalam kegiatan tersebut ada pesta kembang api, lampion dan obor telong-telong.

Menurut Raju Minropa, pawai budaya nusantara dilaksanakan di hari ter­akhir pelaksanaan APEKSI. Untuk rute pawai, ada 2 opsi dan belum final.

Opsi pertama memulai start di GOR Agus Salim dan finish di Gedung Youth Center, dengan panggung utama di Jalan Khatib Sulai­man. “Nanti di halaman gedung Youth Center akan digelar expo kuliner, pro­duk ekraf dan lainnya,” tutur Raju.

Sedangkan opsi kedua, start dimulai di Masjid Al Hakim dan finish di Masjid Muhajirin kawasan Pantai Padang.

Raju menambahkan, di lokasi start dan finish akan ditampilkan produk UMKM dan ekraf. “Di hari terakhir nanti ada bazaar produk ekraf, UMKM dan lain se­bagainya. Di saat pawai itulah kesempatan orang-orang belanja oleh-oleh, karena sebelumnya pe­serta disibukkan dengan padatnya jadwal kegiatan APEKSI sehingga tidak sempat untuk membeli oleh-oleh,” jelas Raju.

Selain kegiatan itu, juga ada studi tur membawa para wali kota untuk ber­keliling Kota Padang. “Kon­sepnya bagaimana kegia­tan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masya­rakat,” tutur Raju. (rel)

Exit mobile version