Pemko Padang Gandeng Tokoh Agama Percepat Capaian Vaksinasi

SILATURAHMI TOKOH AGAMA— Sejumlah tokoh agama, pimpinan organisasi keagamaan, Badan Intelijen Negara (BIN) Sumatera Barat serta unsur Forkopimda Kota Padang menghadiri kegiatan silaturahmi di kediaman resmi Wako di Jalan Ahmad YAni, beberapa waktu lalu.

A.YANI, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku bersyukur mendapat dukungan langsung dari pimpinan para ulama dan tokoh agama di Kota Padang untuk melaksanakan vaksinasi massal kepada para mubaligh/penceramah dan para dai di Kota Padang.

Hal itu disampaikan Wa­li Kota Padang Hendri Septa usai silaturrahim dengan pimpinan organi­sasi keagamaan, Badan Intelegen Negara (BIN) Sumatera Barat serta un­sur Forkopimda Kota Pa­dang di kediaman resmi­nya, Senin malam (18/10) lalu.

“Kita berkumpul bersa­ma-sama malam ini, hadir Nahdatul Ulama (NU) Kota Padang, Persatuan Tarbi­yah Islamiyah (Perti) Kota Padang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pa­dang, Pengurus Daerah Muhammadyah (PDM) Ko­ta Padang, BIN dan Forko­pimda Kota Padang. Kita berkumpul membicarakan bagaimana langkah dan upaya kita melakukan pe­r­cepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Padang,” ujar Wako Hendri Septa.

Wako Hendri Septa me­ngatakan, ada sekitar 1500 para mubaligh/pencera­mah di Kota Padang yang dapat disasar untuk me­lakukan percepatan penca­paian target vaksinasi Co­vid-19.

“Kita akan lakukan pen­dataan terlebih dahulu melalui Kementerian Aga­ma (Kemenag) Kota Pa­dang. Setelah itu kita akan bergerak untuk melakukan vaksinasi Covid-19 untuk menyasar para mubaligh/penceramah dan dai di Padang,” kata Wako Hen­dri Septa.

Ia menambahkan, Pe­me­rintah Kota Padang di­be­ri target oleh pemerin­tah pusat untuk capaian vaksi­nasi sebanyak 720 ribu jiwa sampai akhir tahun 2021 ini. Saat ini Capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Padang baru mencapai 365 ribu jiwa. Oleh karenanya duku­ngan dari pimpinan para ulama dan pimpinan or­ganisasi keagamaan sa­ngat dibutuhkan untuk me­ngajak para mubaligh dan penceramah agar mau di­vaksin.

“Semoga dengan ikh­tiar kita bersama dapat menjaga masyarakat agar terhindar dari Covid-19 ini sehingga Kota Padang da­pat lepas dari Pember­lakukan Pembatasan Ke­gia­tan Masyarakat (PPKM) ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Padang H.Japeri Jarap mengatakan, bahwa vaksinasi Covid-19 yang tengah di galakkan saat ini merupakan ikhtiar bersa­ma Pemerintah Kota Pa­dang dengan para ulama untuk memutus mata ran­tai penyebaran Covid-19.

“Untuk itu kami dari MUI mengajak para mu­baligh/penceramah di Kota Padang untuk menjalani vaksinasi Covid-19 di Kota Padang. Kemu­dian juga terus mengajak jamaah untuk menjalani ikut vak­sin. Vaksin ini insha Allah aman,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Tanfiziyah PCNU Kota Padang Yultel Ardi juga mengimbau ke­pada seluruh warga nahdin Kota Padang untuk ikut vak­sinasi karena ini meru­pakan upaya bersama un­tuk men­jaga diri agar ter­hindar dari pandemi Covid-19.

Dukungan serupa juga disampaikan, Ketua Per­satuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) Kota Padang Prof. Dr. Salmadanis, bahwa sa­lah satu penyebab masih rendahnya capaian vaksi­nasi Covid-19 di Kota Pa­dang karena masih belum banyak para mubaligh/penceramah.

“Karena kita ingin adik kita, anak kemenakan kita dan saudara kita ingin se­kol­­ah. Makanya ayo kepa­da para da’i dan para mu­baligh Kota Padang mari kita ikuti vaksinasi Covid-19. Ini merupakan ikhtiar kita bersama agar terlepas dari pandemi Covid-19,” ujar Prof.Dr.H Salmadanis yang juga Ketua Forum Keru­kunan Umat Bera­ga­ma (FKUB) Kota Padang itu.

Senada dengan itu, Ke­tua Pengurus Muhama­di­yah (PDM) Kota Padang Maigus Nasir sangat men­dukung langkah positif yang dilakukan Wali Kota Hendri Septa dengan mengandeng tokoh agama untuk sosia­lisasi vaksinasi ini.

“Langkah yang bagus dan kami Muhammadiyah sangat mendukung kebi­jakan Wako Padang Hendri Septa tersebut,” sebut Mai­­gus Nasir.

Dukungan serupa juga disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Aga­ma  Kota Padang Edy Okta­viandy untuk mengajak para mubaligh dan para da’i di Kota Padang untuk mengikuti vaksinasi Covid-19.  “Para da’i atau muba­ligh ini memiliki jamaah. Jadi ketika mereka ikut vaksinasi Covid-19 maka jamaah juga akan mengi­kuti sehingga akan mem­perbanyak capaian vaksi­nasi Covid-19 di Kota Pa­dang,” pungkasnya.

Kegiatan yang diawali jamuan makan malam ber­sama itu dihadiri oleh Ke­pala Badan Intelijen Nega­ra (Kabinda) Sumatera Ba­rat Hendra, Dandim 0312 Padang Dandim 0312/Pa­dang Kolonel Inf M. Gho­far Ngismangil, Kapolresta Padang, Asisten Peme­rin­tah dan Kesra Edi Hasymi, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis dan pimpinan OPD terkait dilingkup Pem­ko Padang. (rel)

Exit mobile version