Bakri Bakar Realisasikan Pokir Miliaran rupiah, Dukung Pariwisata Sumbar dengan Penguatan SDM Tour Guide

PELATIHAN--Dukung pengembangan pariwisata Sumbar dengan pelatihan penguatan kompetensi pengelola homestay dan pemandu wisata.

PADANG, METRO–Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengatakan, dalam menunjang sektor pariwisata di Sumbar perlu pe­nguatan Sumber Daya Ma­nusia (SDM) tour guide dan pengelola homestay.

“Kita selalu mendukung pengembangan Pariwisata di Sumbar. Bahkan melalui anggaran pokok pikiran anggota dewan kita mengalokasikan miliaran rupiah untuk menunjang pengembangan pariwisata. Termasuk penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) tour guide dan pe­ngelola homestay,” ungkap anggota dewan asal Kabupaten Pesisir Selatan ini.

Salah satu penguatan yang dilakukan, lanjutnya, pihaknya  mengadakan program pelatihan  berbasis kompetensi bidang pariwisata sejak 26-27/6,  di salah satu hotel di Kota Padang.

“ Secara keseluruhan homestay di Sumbar berjumlah 700 lebih, namun kenyataannya pada libur panjang  jumlah itu tidak mencukupi bagi wisatawan yang datang. Untuk itu SDM pengelola harus di­tingkatkan agar bisa berbagi ilmu bagi calon-calon pengelola lainya,” kata­nya.

Dalam pelatihan tour guide, para pemandu wisata mendapatkan pelatihan peningkatan tata cara komunikasi hingga pendalaman pengetahuan terha­dap destinasi.

Tidak hanya itu, pemandu wisata juga diambil dari pengelola Homestay untuk optimalisasi pela­yanan dan menambah sarana penunjang seperti penyediaan rental mobil untuk menambah pemasukan bagi pengelola.

 “Nantinya pemandu wisata yang telah mendapatkan pelatihan, juga  mampu merekrut rekan-rekan baru untuk menunjang kemajuan  pariwisata,” katanya.

Dia mengatakan, program yang dilaksanakan melalui Dinas Pariwisata Sumbar ini diikuti 50 peserta dengan lima angkatan dengan peserta yang berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan.

Pesisir Selatan merupakan daerah yang memiliki potensi wisata yang terkenal mulai dari Kawasan Mandeh dan banyak lagi, ada juga destinasi yang belum terkenal namun dimasa yang akan datang tempat itu dipe­rediksi ramai.

“ Sekarang Homestay di Pesisir Selatan tidak banyak, sementara target ting­kat kunjungan wisatawan di Sumbar dalam program Visit Beautiful West Suma­tera (VBWS) 2023 sekitar 8,2 juta orang. Untuk mendukung itu, perlu penguatan berbagai hal dalam sektor pariwisata,” kata­nya.

Dia mengatakan, jadi tidak hanya hotel saja yang dipersiapkan, namun juga homestay dan pemandu wisatanya.

 Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda mengatakan, pariwisata merupakan bisnis yang sangat menjanjikan di masa depan. Apalagi  Sumbar kaya dengan beragam objek wisata, ku­liner lezat serta kekayaan seni budaya.

Hal ini menjadi daya tarik yang luar biasa untuk mengundang wisatawan datang.Selain hotel, keberadaan homestay menjadi alternatif untuk penginapan bagi seorang wisa­tawan.

Tarif yang lebih murah dari hotel, serta layanan dan suasana seperti di rumah sendiri, menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menginap di kawasan wi­sata.Begitu pula dengan pemandu wisata (guide) yang terampil, pastinya akan menjadi nilai tambah wisata tersebut.

Karena itu, keberadaan homestay dan pemandu wisata di desa wisata di Sumbar dinilai sangat me­nunjang kepariwisataan di daerah ini. Namun demikian kompetensi pengelola homestay dan pemandu wisata harus ditingkatkan. (hsb)

Exit mobile version