Prestasi belajar siswa merupakan lambang kejayaan seuatu lembaga pendidikan. Prestasi yang dicapai siswa secara utuh haruslah ada dukungan dari orang tua dan para pendidik. Belajar itu sendiri merupakan suatu proses, atau suatu kegiatan yang dilakukan secara sungguh-sungguh untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
Dengan belajar siswa dapat mengubah tingkah laku melalui interaksi dengan lingkungan disekitarnya. Motivasi belajar siswa dapat dilihat dari prestasi yang didapat selama belajar serta dari pembinaan karakter yang dimiliki siswa, baik di sekolah maupun berada di lingkungan sekitar tempat tinggal.
Game online merupakan pengaruh yang paling utama dalam kegiatan belajar bagi siswa. Semakin lama bermain game online, akan semakin menyenangkan. Terdapat beragam variasi tipe dalam permain game online seperti perang, perkelahian dan lain sebagainya.
Semakin menariknya sebuah permainan maka akan semakin banyak siswa yang tertarik terhadap game online dari pada belajar. Dampak dari ketagihan game online akan semakin buruk bagi siswa dalam bidang akademik dan dapat menurunkan prestasi siswa yang masih di usia sekolah. (***)
*Penulis adalah Guru PAI SMAN 1 Timpeh, Kabupaten Dharmasraya.