TMMD ke-120 di Tanah Datar Resmi Ditutup, TNI Bersama Masyarakat Bangkit Membangun saat Bencana

DANREM 032/Wirabraja Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo disaksikan Asisten II Setdaprov Sumbar, Arry Yuswandi, Bupati Tanah Datar, Eka Putra memukul gong menutup TMMD ke-120 di Lapangan Ampibi Sungaitarab, Tanah Datar, Jumat (7/6).

PROGRAM Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Ta­hun 2024 di Kabupaten Tanah Datar, resmi ditu­tup, Jumat (7/6) di Lapa­ngan Ampibi Sungaitarab Kecamatan Sungaitarab. Upacara penutupan di­pimpin oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 032 Wirbraja, Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo.

Program TMMD di Ta­nah Datar tahun ini terasa begitu istimewa.  Selama ini warga Nagari Koto Tuo, kata Dandrem,  setiap memasuki musim kema­rau selalu kekurangan air. Namun, setelah pem­ba­ngunan pipanisasi dan bak penampungan air bersih melalui program TMMD ke-120 selesai, sudah bisa mengaliri 50 Kepala Ke­luarga (KK) di nagari.

Danrem 032/Wirab­raja Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo mengata­kan, TMMD ke-120 ter­laksana sesuai dengan tar­get yang telah ditentu­kan. Ia juga menyam­paikan ucapan terima ka­sih dari Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Muk­hammad Hasan.

Selain membangun pi­panisasi, program TMMD ke-120 ini juga merehab lima Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Baik pem­bangunan pipanisasi mau­pun rehab RTLH selesai tepat waktu, walau Tanah Datar dalam suasana ben­cana dan sudah dirasakan manfaatnya bagi ma­sya­rakat Nagari Koto Tuo.

Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo juga berharap dengan menempati ru­mah layak huni tersebut, masyarakat Nagari Koto Tuo semakin meningkat kesejahteraannya dan semakin meningkat de­rajat kesehatannya.

Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo menambahkan, TMMD merupakan program kolaborasi peme­rintah daerah (pemda) dengan TNI untuk me­ningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kegiatan ini memperbaiki infrastruktur dan kesejahteraan rakyat dengan mengakselerasi program pemerintah da­erah bersama TNI,” sam­painya.

Tema TMMD ke-120 yaitu “Dharma Bakti TM­MD Mewujudkan Per­ce­patan Pembangunan di Wilayah.” Melalui tema ini TMMD momentum ber­satupadunya komponen bangsa secara bahu-bahu dan gotong royong.

“Ke depan mari peli­hara semangat kebersa­maan, persatuan dan bu­daya gotong royong agar kemanunggalan TNI rak­yat selalu terjaga dan terbina. Tentunya juga untuk menjaga fasilitas yang dibangun,” tukasnya.

Gubernur Sumbar, Mah­yeldi Ansharullah, diwakili Asisten II Set­da­prov Sumbar, Arry Yus­wandi, meminta ma­syara­kat untuk bisa meman­faatkan sebaik mungkin hasil dari TMMD ke-120 ini. Ia berharap program TM­MD ini memberikan kese­jahteraan untuk masya­rakat di Tanah Datar.

“Manfaatkan dengan sebaik mungkin apa yang telah dibangun dan jaga dengan sepenuh hati. Se­mo­ga apa yang dihasilkan dari TMMD ini memberi manfaat yang luar biasa untuk kesejahteraan ma­syarakat,” ungkapnya.

Kabid Kerjasama Pem­bangunan Kawasan Perdesaan dari Dinas Pem­berdayaan Masyara­kat Desa (PMD) Sumbar, Vera Irawati, ST, MM me­nga­takan, program fisik TMMD tahun ini di Tanah Datar juga ada pembu­kaan jalan baru sepanjang 4.460 meter. Kemudian pembuatan gorong-go­rong di empat titik dan rehab lima unit RTLH.

Sedangkan kegiatan non fisik yaitu penyuluhan wawasan kebangsaan, per­tanian, hukum dan Kamtib­mas, bahaya narkoba. Juga ada penyuluhan KB dan kesehatan, stunting dan penyuluhan lingkungan hidup dan kehutanan.

Dandim 0307 Tanah Datar, Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi, selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-120, menyampaikan kesuk­sesan program ini dalam meningkatkan ke­seja­h­teraan masyarakat dan mengokohkan kema­nung­galan TNI dengan rakyat.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI serta seluruh pihak yang turut menyuk­seskan TMMD ke-120. Di tengah cobaan musibah, kehadiran TNI dan program TMMD memberikan harapan baru bagi masya­rakat Tanah Datar. (**)

Exit mobile version