Rapat Paripurna Penyampaian RPJPD Kota Padang Tahun 2025-2045, Kota Padang Maju, Berbudaya, dan Berkelanjutan Menuju Kota Jasa Terkemuka

Pj Sekda Kota Padang Yosefriawan menyerahkan nota Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Padang Tahun 2025-204 kepada Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani.

Pj Sekda Kota Padang Yosefriawan  menyampaikan Ranperda Rencana Pem­ba­ngunan Jangka Panjang Da­erah (RPJPD) Kota Padang Tahun 2025-2045 melalui Ra­pat Paripurna DPRD Kota Padang yang dilaksanakan di ruang sidang utama Gedung Baru DPRD, Jalan Bagindo Azis Chan Bypass Kel. Sungai Sapih Kec.Kuranji. Senin (3/6).

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Datuk Rajo Jambi, SH., didampingi Wakil Ketua Arnedi Yarmen, S. Pd., Ilham Maulana, SH., dan Sekretaris DPRD Kota Padang H. Hendrizal Azhar, SH, MM.

Dalam pidatonya, Yosefria­wan menyampaikan Visi RPJPD tahun 2025-2045 meru­pa­kan rumusan umum menge­nai keadaan/kondisi daerah yang diinginkan pada tahun 2045 sebagai hasil pem­bangu­nan selama 20 tahun yang selaras dengan visi RPJPN­ tahun 2025-2045.

Berdasarkan analisis ter­hadap kondisi umum daerah Ko­­ta Padang, per­­masalahan daerah dan isu strategis serta sinkronisasi de­ngan visi pem­bangunan pada rancangan RPJPD Provinsi Sumatera Barat tahun 2025-2045 dan ran­cangan RPJP Nasional tahun 2025-2045, ma­ka visi Pem­ba­ngunan Kota Pa­dang Tahun 2025-2045 ada­lah “Kota Pa­dang Maju, Ber­budaya, dan Ber­kelanjutan me­nuju Kota Ja­sa terkemuka”.

“Visi Kota Pa­dang maju, berbudaya, dan berkelanjutan menuju kota jasa terkemuka,  merangkum aspirasi kota untuk tumbuh dan ber­kembang se­cara holistik, meng­gabungkan kemajuan ekonomi dengan pelestarian budaya dan keta­hanan lingkungan. Dengan fo­kus pada keseim­bangan antara pertumbuhan dan keber­lan­jutan, kota ini diharapkan men­jadi pusat layanan yang unggul, menjun­jung tinggi nilai-nilai lokal dan meningkatkan kualitas hidup penduduknya,” ucapnya.

Dejelaskannya, Maju: me­nun­jukkan tujuan untuk mencapai kemajuan yang pesat dan tangguh dalam segala hal seperti ekonomi yang tangguh dan berkualitas, infrastruktur sebagai kota modern, sumber daya manusia yang berkualitas, masyarakat sejahtera, Kota Padang sebagai pusat per­tumbuhan sumatera barat dan telah menerapkan penggunaan teknologi dalam seluruh aspek.

Berbudaya: menunjukkan  dan menegaskan pem­bangu­nan kota padang tetap senan­tiasa dalam rangka memper­kaya dan melestarikan warisan budaya kota, menciptakan identitas yang kuat dan bera­gam terhadap peningkatan dan pelestarian nilai-nilai budaya lokal yang berfalsafah adat basandi syara’ dan syara’ basandi kitabullah. Kota padang diarahkan menjadi pusat ke­bu­dayaan dan pendidikan serta mempunyai ketahanan sosial, budaya dan ekologi yang baik.

Berkelanjutan: me­nun­juk­kan dan menekankan pada komitmen terhadap per­lind­u­ngan kualitas lingkungan hidup, tata kelola yang baik, penggu­naan sumber daya alam yang keberlanjutan, pembangunan kota yang se­imbang dengan pembangunan sosial.

Kota jasa terkemuka: me­nunjukkan arah per­kem­bangan kota sebagai pusat pelayanan unggulan dengan kualitas terbaik dan terkemuka, baik dalam hal infrastruktur, perdagangan, pendidikan, kesehatan, dan sektor jasa lainnya.

Kemudian, lanjutnya, da­lam mewujudkan visi dari pem­bangunan kota padang ter­sebut, maka ditempuh melalui penjabaran dalam bentuk misi pembangunan kota padang : Misi 1 : mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif dan inovatif, Misi 2 : mewujudkan perekonomian yang berkualitas dan berke­lanjutan. Misi 3 : mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, Misi 4 : mewujudkan stabilitas keten­traman dan ketertiban umum daerah, Misi 5 : mewujudkan ketahanan sosial, budaya dan ekologi, Misi 6 : mewujudkan pembangunan kewilayahan yang merata dan berkualitas, Misi 7 : mewujudkan sarana dan prasarana kota yang berkualitas dan ramah ling­kungan dan Misi 8 : mewujud­kan kesinambungan pem­bangunan

Memenuhi amanat dari permendagri no 86 tahun 2017 dan instruksi mendagri no 1 tahun 2024, kepala daerah menyampaikan rancangan Perda tentang RPJPD tahun 2025-2045 kepada DPRD untuk dibahas dalam rangka memperoleh persetujuan ber­sama DPRD dan kepala da­erah terhadap rancangan Perda tentang RPJPD tahun 2025-2045.

“Secara resmi kami sam­paikan rancangan Perda ten­tang RPJPD Kota Padang tahun 2025-2045 untuk dibahas ber­sama antara DPRD dan Peme­rin­tah, dengan harapan dapat disetujui menjadi Perda tentang RPJPD Kota Padang tahun 2025-2045,” harapnya.

“Mimpi kita 20 tahun mend­atang harus kita wujudkan untuk generasi penerus kita selan­jut­nya. Perwujudan mimpi ber­sama kita ini tidak akan pernah tercapai jika hanya dikerjakan oleh pemerintah saja. Peran serta dan kepedulian seluruh lapisan masyarakat, dprd dan stakeholders terkait lainnya untuk menjaga pembangunan ini, sangat diharapkan,” tambah­nya.

Sebelumnya, Yosefriawan juga membeberkan hasil eva­luasi pelaksanaan pem­ba­ngunan dua puluh tahun (2005-2025 ). Dimana, Kota padang telah berhasil mewujudkan visi pembangunan kota padang tahun 2005-2025 yakni, “Ter­wujudnya Masyarakat Madani yang Berbasis Industri, Per­da­gangan dan Jasa yang Unggul dan Berdaya Saing Tinggi dalam Kehidupan Perkotaan Yang Tertib Dan Teratur”, yang dilaksanakan melalui 7 (tujuh) misi pembangunan dan 10 (sepuluh) sasaran pokok da­erah. (hsb)

Exit mobile version