Dewan Dukung Program Subsidi Iuran Komite SMA di Bukittinggi

Beny Yusrial Ketua DPRD Bukittinggi

Program subsidi iuran komite bagi pelajar SMA dan SMK sederajat di Bukittinggi, mulai diaktifkan, 1 Januari 2022. Hal ini dapat dilaksanakan atas dukungan penuh penganggaran dari DPRD Kota Bukittinggi.

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial menjelaskan, kebijakan Pemko Bukittinggi ini memang sebuah kebijakan yang cukup fenomenal, karena SMA sederajat merupakan kewenangan peme­rintah provinsi. Namun, karena beban ma­sya­rakat Bukittinggi akibat Covid-19 sangat berat. Pemko me­ngajukan hal tersebut da­lam rapat ba­dan anggaran, sebagai bentuk perhatian peme­rintah terhadap ma­sya­rakat.

“Kebijakan ini sudah dibahas DPRD melalui Banggar dan sudah dibawa dalam rapat gabungan komisi. Memang ada diskusi yang alot, namun karena dengan pemahaman yang sama, akhirnya seluruh fraksi dapat menyetujui kebijakan itu,” ungkap politisi Partai Gerindra itu, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (20/1)

Subsidi iuran komite itu, dilaksanakan melalui program Bantuan Keua­ngan Khusus (BKK) dan telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Su­matra Barat. Untuk pelajar SMA sederajat negeri dan swasta ber KK Bukittinggi, dibantu Rp 150 ribu per anak per bulan. Sedangkan untuk SMK ne­geri dan swasta ber KK Bukittinggi, dibantu maksimal Rp 200 ribu per pelajar per bulan.

“Subsidi iuran komite tersebut, memang dida­sarkan pada perhatian pemerintah terhadap pe­nurunan ekonomi ma­sya­rakat Bukittinggi, akibat dampak Covid-19. Sehingga memang sesuai atu­rannya, bantuan iuran komite ini, harus diberikan kepada pelajar dengan KK Bukittinggi,” jelas Beny. (pry)

Exit mobile version