THL Diskominfo Gelar Screening Kesehatan

Pejabat dan Tenaga Harian Lepas (THL) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) yang terdiri dari ASN dan THL melakukan  screening kesehatan melalui kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dalam bentuk layanan Deteksi Dini Kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan Dinas Kesehatan melalui UPTD Puskesmas Bukit Surungan (Busur) di lobi Kantor Kominfo, Kamis (14/10).

Pengelola Program PTM Puskesmas Busur, Ns Yofi Octirra di sela kegiatan menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan mendeteksi dan melihat faktor risiko PTM pada petugas Dinas Kominfo. “Penyakit tidak menular yang dimaksud antara lain hipertensi, kanker, diabetes melitus dan kolesterol tinggi itu, kita deteksi di sini. Biar bisa kita cegah. Kalau ada (parameternya) yang tinggi, kita anjurkan pe­ngobatan,”ucap Yofi.

Yofi menjelaskan, adapun tes yang dilakukan dalam mendeteksi dini kasus PTM,  di antaranya wawancara pola hidup dan pola makan sehari-hari, aktivitas fisik, merokok, penimbangan berat badan, tinggi, lingkar perut, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol serta konsultasi gizi.

“Pada konsultasi gizi ini, kalau ada pegawai yang ditemukan memiliki faktor risiko penyakit tidak menular, kita berikan edukasi. Kita jelaskan ba­gaimana yang sehat tetap sehat dan yang ada risiko bisa mengubah pola hidupnya menjadi pola hidup sehat,” jelas Yofi.

Yofi berharap pejabat dan THL di Dinas Kominfo Padangpanjang untuk dapat menerapkan pola hidup sehat dan melakukan cek kesehatan secara rutin, menghindari asap rokok, rajin aktivitas fisik serta diet seimbang dan sehat. Kemudian hindari stress, karena stres dapat memicu datangnya tekanan darah tinggi.

Ditambahkan Yofi, kegiatan Posbindu PTM ini rutin dilakukan pihaknya, sekali dalam sebulan dengan sistem jemput bola ke kantor dan instansi yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Busur.

Pola Hidup Sehat Bentengi Diri dari Covid

Pemeriksaan PTM tersebut, Kepala Dinas Ko­minfo, Drs. Ampera Salim, SH, M.Si mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut serta mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Busur yang telah memberikan screening kesehatan bagi para personel Kominfo. “Semoga kita bisa jaga kesehatan dan mengantisipasinya sejak dini,” ujar Ampera usai diperiksa tekanan darahnya.

Seiring PTM,  Ampera Salim juga menghimbau agar masyarakat tetap menerapkan pola hidup sehat sekaligus mampu membentengi diri dari serangan virus covid. ” Lakukan PTM dan teruslah me­ngimplementasikan pola hidup sehat mulai dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat banyak. Pola hidup sehat diyakini akan melindungi kita dari serangan penyakit serta virus,” ujar Ampera Salim. (rmd)

Exit mobile version