Raih Plakat WTP Lima Tahun Berturut-turut, Bangun Tata Kelola Keuangan yang Baik

PEMKO Pariaman di bawah kepempinan Wali Kota Pariaman H Genius Umar (cuti Pilkada 2020) dan Wakil Wali Kota Mardison Mahyuddin mendulang berbagai jenis keberhasilan. Buktinya, semenjak lima tahun terakhir ini Pemko Pariaman sukses meraih predikat WTP. Kali ini Pemko Pariaman mendapat plakat dari  Kakanwil DJPb Provinsi Sumbar.

“Saya sangat gembira dengan dengan adanya penghargaan ini, karena ini membuktikan bahwa Pemko Pariaman mampu mengelola manajemen keuangan negara menurut standar dan persyaratan yang diatur sesuai regulasidan perundang-undang yang berlaku,” kata Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, saat menerima pelangkat tersebut, kemarin.

Katanya, Pemko Pariaman telah meraih opini WTP 5 kali berturut-turut, sejak tahun 2015 sampai 2019. Capaian ini merupakan perjalanan panjang bukan hanya sekedar mengejar status opini WTP. Melainkan upaya kreatif membangun tata kelola keuangan secara baik.

“Alhamdulillah, kami sangat berbahagia memperoleh penghargaan ini dimana keberhasilan ini berkat kerja keras seluruh pihak dan OPD terkait, yang telah menyampaikan LKPD, sesuai prosedur regulasi dan perundang-undangan yang berlaku tentang pengelolaan keuangan negara. Untuk itu, saya ingatkan penghargaan ini kiranya jangan sampai membuat kita cepat berpuas diri, dan hal ini kiranya terus dapat kita pertahankan,” ujar Mardison.

Sementara Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (Kakanwil DJPb) Provinsi Sumatera Barat, Heru Pudyo Nugroho menyerahkan, plakat penghargaan WTP yang diterima oleh Plt Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, atas capaian Opini WTP 5 kali berturut-turut, untuk LKPD.

Terima Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) lima kali berturut-turut, Pemko Pariaman Terima Plakat Penghargaan dari Kemenkeu RI. Penghargaan ini diserahkan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (Kakanwil DJPb) Provinsi Sumatera Barat, Heru Pudyo Nugroho, yang diterima Plt Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, atas capaian Opini WTP 5 Kali berturut-turut, untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

Kakanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat Heru Pudyo Nugroho  menyebutkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Keuangan RI untuk berbagai kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota yang telah menyelesaikan laporan keuangan secara akurat, akuntabel dan transparan.

“Sebagai wujud apresiasi atas LKPD, Pemerintah RI melalui Kementerian Keuangan yang ditandatangani langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani memberikan piagam penghargaan kepada pemerintah daerah yang telah mendapatkan Opini WTP Tahun 2019, dan bagi peraih WTP 5 kali secara berturut-turut, berhak mendapatkan Plakat Penghargaan, seperti yang diterima Kota Pariaman,” ungkap Heru.

Dalam kaitan ini, opini WTP dikeluarkan BPK selaku auditor sedangkan Menteri Keuangan RI mempunyai tugas menyusun konsolidasi laporan keuangan pemerintah pusat dan daerah. Semakin banyak institusi atau daerah yang memperoleh predikat WTP maka laporan keuangan pusat dan daerah dinilai semakin akuntable.

“Inilah sebagai bentuk apresiasi, maka Menteri Keuangan RI memberikan piagam penghargaan dan Plakat WTP kepada Pemko Pariaman, yang telah mempertahankan capaian kinerja keuangan yang baik, atas penyusunan, penyajian, realisasi, dan laporan pertanggungjawaban keuangan, sehingga dapat mempertahankan Opini WTP 5 Kali secara berturut-turut,” tambah Heru. (**)

Exit mobile version