Rumah Makan di Permindo Kebakaran

PASAR RAYA, METRO —Ruko tiga lantai yang dija­di­kan sebagai usaha rumah ma­kan di kawasan Pasar Raya Padang, tepatnya di jalan Permindo, Kelurahan Kampung Jao, Kecamatan Padang Barat, Kota Pa­dang, mengalami keba­karan pada Senin (21/10) sekitar pukul 12.30 WIB.

Musibah itupun sontak membuat pengunjung Pa­sar Raya Padang maupun pedagang, panik dan berhamburan. Pasalnya, api berkobar di bagian atas ruko dan mengelurkan asap tebal yang membu­bung tinggi. Selain itu, beberapa warga ju­ga sempat mengabadikan momen kebakaran itu meng­gu­nakan ponselnya.

Tak berselang lama, pe­tugas pemadam keba­karan dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pa­d­ang datang ke lokasi menggunakan beberapa armada pemadam. Petugas kemudian melakukan penyemprotan air ke da­lam ruko maupun ke bagian atas ruko.

Kepala Bidang (Kabid) Operasional Damkar Kota Padang, Rinaldi mengatakan, bahwa api yang menghanguskan rumah makan itu bersumber dari bagian dapur dan langsung me­nyebar ke seluruh bangunan ruko.

“Api berasal dari bagian dapur rumah makan tersebut, dengan cepat petugas dikerahkan ke lo­kasi kejadian untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan yang lebih buruk mengingat lokasi tersebut merupakan kawasan pertokoan,” katanya.

Rinaldi menjelaskan, pihaknya mengerahkan lima unit armada pemadam kebakaran dengan disertai 50 orang personel untuk memadamkan api yang membakar ruko tiga lantai tersebut.

“Kami menerjunkan li­ma unit armada Damkar berikut dengan 50 orang personel untuk menjinakkan api tersebut. Beruntungnya, tak lama setelah itu api berhasil di padamkan, sehingga berhasil me­ngantisipasi untuk menjalar ke bangunan yang yang berada di dekat objek yang terbakar,” ujar dia.

Selain itu, dikatakan Rinaldi, tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini, dan untuk ke­rugian material kami taksir mencapai angka Rp 400 juta rupiah. Sedangkan proses memadaman turut dibantu berbagai instansi, seperti TNI, Polisi Militer, kepolisian, PMI, Satpol-PP, PLN, serta masyarakat.

“Untuk penyebab pasti terjadinya kebakaran, selanjutnya akan diselidiki oleh pihak kepolisian. Karena polisi juga telah melakukan olah TKP dan mema­sang police line,” ungkapnya. (brm)

Exit mobile version