Langkah Proaktif Demi Kondusivitas, Polda Sumbar Siagakan Personel untuk Amankan Kampanye Pilkada 2024

Kombes Pol Dwi Sulistyawan Kabid Humas Polda Sumbar

PADANG, METRO–Memasuki tahap kam­panye Pilkada Se­rentak 2024, Polda Sum­bar bersama de­ngan Polres se-jajaran telah menyiakan  per­sonelnya untuk me­ngoptimalkan penga­ma­nan kegiatan kam­panye yang dilaksa­nakan semua calon ke­pala daerah.

Langkah ini men­jadi salah satu kunci untuk memastikan bahwa rang­kaian ke­giatan po­litik di wilayah Sumbar dapat ber­lang­sung de­ngan aman, damai dan tanpa hambatan.

Kasatgas Humas Kombes Pol Dwi Sulistyawan mengungkapkan kegiatan ini sebagai komitmen dari kepolisian dalam menjaga ketertiban umum dan ke­lancaran proses demokrasi.

“Pengamanan tahapan kampanye yang ada di seluruh Provinsi Sumbar ini merupakan bentuk komitmen Polri memastikan setiap tahapan berjalan dengan aman dan lancar,” tutur Kabid Humas dalam pernyataannya.

Jadwal kampanye yang telah ditetapkan berlangsung mulai tanggal 25 September 2024 hingga 23 November 2024. Rentang wak­tu yang cukup panjang ini memerlukan kesiapan dan kesigapan yang tinggi dari semua pihak yang terlibat.

Kampanye yang akan dijalankan mencakup berbagai bentuk, dari pertemuan tatap muka hingga pertemuan terbatas, yang semuanya membutuhkan pengamanan yang sesuai.

Lebih jauh Kombes Pol Dwi menekankan pentingnya peran serta ma­sya­rakat dalam menjaga situasi ke­amanan, ketertiban masya­rakat (kamtibmas) agar tetap kondusif selama berlangsungnya kampanye.

“Mari sama-sama kita jaga kamtibmas yang aman dan kondusif selama tahap kampanye Pilkada 2024 ini. Peranan masya­rakat sangat penting  da­lam menjaga kestabilan politik dan sosial di Sumbar,” tegasnya.

Menurut Kombes Pol Dwi, kehadiran polisi di setiap titik penting kampanye juga menjadi bukti nyata keseriusan Polda Sumbar dalam mengamankan pro­ses demokrasi ini.

“Dengan upaya-upaya pengamanan tahapan Pil­kada Sumbar yang kom­pre­hen­sif, setiap warga Sum­bar diharapkan dapat melaksanakan hak de­mok­ra­sinya dalam suasana yang tenang dan da­mai. Langkah-langkah proaktif ini menunjukkan kesiap­siaga­an kepolisian dan rencana strategis yang telah matang dalam menjamin pelaksanaan Pil­kada yang kondusif dan berhasil di Sumbar,” tutupnya. (rgr)

Exit mobile version