Heboh…karena HARAM!, Ayah Nikahi Putri Tiri usai Ceraikan Istri, Camat Lubeg: Mereka Sepakat Batalkan Pernikahan

BERI EDUKASI— Camat Lubeg Nofiandi Amir bersama pihak KUA dan tokoh masyarakat mengedukasi ayah yang nikahi putri tirinya di Kelurahan Gates, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang.

PADANG, METRO–Kasus pernikahan ayah dengan anak tirinya terjadi di Kelurahan Gates, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. Mirisnya, per­nikahan yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam itu sudah berlangsung selama satu bulan hingga membuat heboh ma­syarakat.

Terbongkarnya kasus ini berawal dari pemberitaaan media online aktual­klick.com dan tersebar ke media sosial lalu menjadi viral. Diketahui, ayah yang menikahi putri tirinya itu berinisial Af (48), sedangkan putri tirinya berinisial ES (23).

Terjadinya pernikahan haram itu setelah Af menikahi ibu kandung ES. Namun, hubungan rumah tang­ga mereka berujung perceraian. Setelah menceraian ibu kandung ES itulah, AF kemudian menikah dengan ES namun dilaksanakan secara nikah siri.

Menindaklanjuti kasus tersebut, Camat Lubuk Begalung Nofiandi Amir bersama tokoh masyarakat langsung menemui kedua pelaku tersebut, Rabu (18/9), untuk memberikan edu­kasi terkait pernikahan mereka yang jelas-jelas melanggar syariat Islam.

“Setelah mendapat informasi adanya kasus itu, kita langsung koordinasi dengan KUA, tokoh ma­syarakat, RW dan RT sekitar untuk mengkonfirmasi membenarkan berita itu. Setelah kita temui, kedua pelaku ternyata mengakui sudah melakukan pernikahan,” kata Nofiandi Amir saat dikonfirmasi warta­wan, Rabu (18/9).

Dijelaskan Nofiandi Amir, setelah diberikan edukasi oleh pihaknya, KUA dan tokoh masya­rakat, kedua pelaku menjadi paham atas perbuatan mereka dan dengan kesadarannya sendiri, membuat surat pernyataan tidak akan melanjutkan hubungan pernika­han tersebut.

“Bersama tokoh ma­sya­rakat, kami juga menekankan bahwa perbuatan yang mereka melakukan merupakan zina besar dan akan berdampak pada ke­tu­ru­nan.  Setelah diedukasi, kedua pelaku memahami dan menyadari kesalahan me­reka. Kemudian secara sukarela membuat surat pernyataan,” ujarnya.

Selain itu, Nofiandi Amir, KUA juga menjelaskan kepada kedua pelaku bahwa pernikahan mereka tidak sesuai undang-undang dalam artian nikah siri. Pernikahan mereka juga tidak sesuai rukun nikah, karena tidak ada wali yang sah dari pihak perempuan.

“Pernikahan juga  tidak sesuai syariat Islam karena bapak tiri dan anak tiri. Kedua elaku bersedia dan sepakat membatalkan per­nikahan tersebut secara sepihak. Jika masih melanjutkan pernikahan tersebut maka bisa dilaporkan dan dituntut secara pidana, karena jatuhnya pada perbuatan zina,” tegasnya.

Dengan adanya kejadian itu, Andi, sapaan akrab Camat Lubeg tersebut min­ta tokoh masyarakat beserta RW dan RT turut melakukan pengawasannya agar bisa mendeteksi kejadian patologi sosial pada lingkungannya.

“Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengurus pernikahan sesuai dengan aturan hukum negara dan sesuai syariat Islam. Uruslah pernikahan di Kantor Urusan Agama agar tidak terjadi masalah kedepannya,” kata Andi.

Sebelumnya, dalam keterangan kepada media, seorang wanita berusia 51 tahun inisial N menceritakan awal mula terjadinya pernikahan anak kandungnya ES dengan mantan suaminya inisial AF.

Pada tahun 2021 N dinikahi di bawah tangan oleh AF. Selama pernikahannya dengan Af, N tetap banting tulang sebagai ibu dari 4 anaknya dengan suaminya sebelumnya, dengan bekerja di salah satu jasa laundry di sekitar Kelurahan Gates itu.

“Sekitar pukul 10 pagi kerja di laundry, namun di pagi hari saya membantu para nelayan menurunkan perahunya untuk melaut,” jelasnya.

Karena perlakuan yang kurang baik dari suaminya AF, terjadi pertengkaran dan N diceraikan pada bulan Juli 2024. Namun sebulan kemudian, pada awal bu­lan Agustus 2024, anak ke­tiganya yakni ES (23), dikabarkan dinikahi AF, lagi pernikahan itu terjadi di ba­wah tangan. Dimana dalam surat nikah tersebut wali nikahnya atas nama Basri.

Dia sempat melaporkannya ke RT, RW dan pihak kelurahan tidak ada yang menggubris, begitu juga upayanya melapor ke Polsek Lubeg juga tidak ditanggapi karena ES tidak lagi gadis di bawah umur dan terjadinya nikah di bawah tangan antara ES dengan AF atas suka sama suka. (brm)

Exit mobile version