Andre Rosiade Hadirkan Pemerataan Sinyal Telekomunikasi di Sumbar, Pasangkan Baterai Tower Sisawah, Bangun 5 BTS Baru di Sijunjung

PEMERATAAN SINYAL-Anggota DPR RI asal Sumbar H Andre Rosiade mengunjungi Nagari Sisawah, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung untuk memasangkan kembali baterai BTS yang sempat dicuri. Selain itu, Andre Rosiade juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan tower Telkomsel di Tanjung Labuah, Kecamatan Sumpur Kudus.

SIJUNJUNG, METRO–Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) H Andre Rosiade fokus melakukan perjuangan pemerataan sinyal telekomunikasi di Sumbar. Sejak dilantik 2019, dia telah membantu pengadaan sinyal di lokasi-lokasi blank­spot seperti di Sijunjung, Dharmasraya, Sawahlunto dan Agam. Tahun ini, 5 BTS baru akan dibangun berkat perjua­ngan Andre Rosiade.

Seperti Senin (12/2), Andre mengunjungi Nagari Sisawah, Kecamatan Sum­pur Kudus, Kabupaten Si­junjung. Kedatangan kader Partai Gerindra itu untuk memasangkan kembali ba­terai BTS yang sempat di­curi beberapa waktu lalu. BTS ini didirikan atas per­juangan Andre Rosiade me­nyelesaikan aspirasi warga.

“Hari ini kami datang ke Sisawah untuk memastikan pemasangan kembali bate­rai BTS yang hilang dicuri. Setelah mendapatkan in­for­masi dari warga Sisa­wah yang menyebut kalau listrik padam, maka sinyal hilang. Setelah didis­kusi­kan dengan Telkomsel, ter­nyata baterainya dicuri,” kata Andre Rosiade dalam pertemuan di Kantor Wali Nagari Sisawah.

Andre mengatakan, BTS telah digunakan se­kitar dua tahun dan lancar-lancar saja sebelum bate­rai dicuri. “Setelah koor­dinasi, ternyata karena baterai dicuri. Karena itu penting bagi nagari dan pengangkat, menjaga ja­ngan ada pencuri lagi. Se­karang baterai sudah di­ganti Telkomsel. Kami min­ta jangan lagi ada pen­curian,” kata Anggota Ko­misi VI pada pertemuan yang dihadiri Wali Nagari Sisawah Restu Samsepta.

Restu mengucapkan terima kasih, Andre Ro­siade dan manajemen Tel­komsel datang ke Sisawah dan memasang baterai baru. “Kami sangat ber­teri­ma kasih atas pemba­ngu­nan tower Telkomsel. Se­be­lum saya jadi wali nagari sudah lama perjuangan ini. Sekarang baru ada dengan bantuan pak Andre Ro­siade,” katanya pada per­temuan yang dihadiri Ke­tua DPC Gerindra Sijun­jung Syahril Syamra.

Selain tower, kata Res­tu, mereka juga sangat ber­terima kasih atas ban­tuan lain seperti rehab kantor wali nagari dan lainnya.

“Atas kunjungan reses, kami berterima ka­sih. Kami di nagari sangat butuh perharian khusus dari pak Andre. Semoga nagari kami bisa lebih baik. Nagari ini sebenarnya be­ra­da di tengah-tengah ka­bupaten. Tapi karena akses roda empat tak ada, jadi nagari yang paling ujung. Mohon bantuan terus dari pak Andre,” katanya.

Andre Rosiade menga­takan, untuk memenuhi berbagai aspirasi ini, butuh dukungan pemerintah pu­sat. Kalau jalan dari Tan­jung Ampalu selesai, tak perlu jalan memutar 3-4 jam menuju Sisawah. APBD Sijunjung tak mampu, AP­BD Sumbar tak mampu.

“Sebagai Anggota DPR, kewajiban kami membantu Sijunjung. Tapi tentu ada keterbatasan. Semoga pe­merintahan pusat yang baru ke depan lebih dekat dengan kami. Agar mudah memperjuangkan jalan ke Sisawah,” kata Andre yang menyebut kedatangannya dalam rangka reses ang­gota DPR yang dilindungi konstitusi.

Andre Rosiade me­nga­ku, sebagai wakil rakyat wajib menangkap atau me­nyerap aspirasi masya­rakat. “Kami bukan ber­kampanye, karena tidak ada ajakan memilih dan lainnya. Ini murni karena kami peduli dengan masya­rakat Sisawah,” katanya.

Bangun BTS

Di hari yang sama, An­dre juga meletakkan batu pertama pembangunan tower Telkomsel di Tanjung Labuah, Kecamatan Sum­pur Kudus. Pembangunan itu berkat perjuangan An­dre Rosiade memenuhi aspirasi masyarakat pada Desember 2023 lalu.

Wali Nagari Tanjung Labuah Aldi Nasrul berte­rima kasih kepada Andre Rosiade yang telah mem­perjuangkan kebutuhan warga berupa sebuah to­wer atau BTS Telkomsel. “Tanpa bapak entah kapan kami bisa dapat BTS ini. Entah kapan sinyal masuk ke nagari kami. Sangat membantu untuk masya­rakat nagari kami. Sekali lagi terima kasih pak,” kata Wali Nagari di dekat lokasi pendirian tower.

Andre Rosiade menga­takan, pada Desember 2023 lalu dia dan tim sempat datang ke Tanjung Labuah, menerima aspirasi BTS dari warga. “Kami juga ingat diminta tiga nagari untuk menghadirkan ambulans. Kita genapkan jadi empat di Tanjuang Labuah. Se­moga September 2024 bisa diberikan kepada masya­rakat,” kata Anggota Ko­misi VI DPR.

Andre Rosiade meng­a­takan, setelah Februari diletakkan batu pertama BTS, semoga sebelum Le­ba­ran bisa selesai dan digunakan. “Insya Allah bisa video call saat Lebaran dengan keluarga di rantau. Ini kerja sama dengan Telkomsel, mitra kami di Komisi VI. Ini tidak janji-janji manis. Andre Rosiade anggota Fraksi Partai Ge­rindra memberi bukti bu­kan janji manis,” kata An­dre Rosiade.

Andre menyebutkan, sebenarnya ada tiga titik yang pembangunannya dimulai selain Tanjung La­buah. Yaitu di Sipuah masih Sumpur Kudüs dan di Ka­mang Baru yang bisa sele­sai sebelum Ramadhan. Selanjutnya dua BTS juga akan dibangun di Padang Doto, Kecamatan Sijunjung dan Paru, Kecamatan Si­jun­jung. “Alhamdulilllah ada lima titik BTS yang dibangun di Sijunjung tahun 2024 ini,” kata Andre Rosiade.

Andre Rosiade mene­gaskan, pada Desember 2023 dia berjanji kepada warga Tanjung Labuah, dan sekarang Februari su­dah bisa peletakan batu pertama. “Insya Allah se­be­lum Lebaran tuntas dan bisa digunakan oleh ma­syarakat. Desember 2023 kami janji, Februari 2024 bisa dibangun dan Lebaran Insya Allah bisa ditun­taskan. Agar bisa video call dengan keluarga di ran­tau,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Mi­nang (IKM) ini.

Manajer Network Operation Telkomsel Padang Andi Suapril yang men­dampingi mengatakan, pem­bangunan tower ini berdasarkan aspirasi war­ga yang disampaikan An­dre Rosiade kepada direksi Telkomsel.

“Di Nagari Tan­jung La­buah dibangun dua tower sekaligus. Yang dile­takkan batu pertama oleh pak Andre Rosiade ini bisa selesai sebelum Lebaran ini. Sementara yang di Ipuah bisa lebih cepat lagi karena pakai combat. In­sya Allah sebelum Ra­ma­dhan ini sudah bisa diak­tifkan,” katanya.

Direncanakan pada Se­la­sa (13/2) Andre Rosiade juga dijadwalkan ke Pesisir Selatan (Pessel). “Besok kami juga akan ke Suran­tiah memastikan listrik un­tuk kampung nelayan bisa diselesaikan. Sesuai janji kami tiga bulan lalu kepada warga nelayan, mereka akan mendapatkan aliran listrik. Insya Allah janji itu kita tepati,” katanya. (*)

Exit mobile version