Angkut 13 Orang Turis Asing, Kapal Pesiar Kandas Tersangkut Karang

KANDAS— Kondisi kapal pesiar yang kandas di perairan Pulau Ruamata, Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawa.

MENTAWAI, METRO–Kapal pesiar dengan nama lambung Kaimana Dua kandas di perairan Pulau Ruamata, Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Selasa malam (14/6). Diduga, kapal pesiar yang membawa turis asing tersebut kandas terkena karang gegara air laut surut.

Kepala Kantor SAR Men­tawai, Akmal mengatakan, pihaknya menerima lapo­ran dari masyarakat pada Rabu (15/6) dan langsung mengerahkan personel un­tuk melakukan penyela­matan dan evakuasi ter­hadap ABK maupun pe­numpangnya.

“Warga mengabarkan bahwa kapal tersebut kan­das di Pulau Ruamata. Ka­pal itu kandas di Pulau Ruamata. Kita belum tahu secara pasti penyebab kapal pesiar itu kandas,” kata Akmal.

Menurut Akmal, kro­nologis KLM Kaimana Dua warna putih biru berangkat dari Padang tanggal 14 Juni 2022, dan tiba di Siruamata dan lego jangkar, saat pa­sang surut kapal menga­lami kandas. Menurutnya, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa dalam pe­ristiwa kecelakaan kapal.

“Semua POB (Person On Board) selamat dengan jumlah penumpang 18 orang, yang terdiri dari 6 ABK dan 12 penumpang. Selu­ruh penumpang akan diba­wa ke Katiet oleh KM Sibon. Sedangkan ABK masih di Siruamata menunggu pe­milik kapal untuk meren­canakan evakuasi kapal, ungkap Akmal.

Data yang berhasil di­him­pun dari pihak Basar­nas, terdapat 18 orang yang berada di dalam kapal tersebut. Lima orang me­ru­pakan pengendali kapal. Masing-masing bernama Iskandar (Nakhoda), He­rianto (KKM), Ramli, Boyke Mahmud Sirgear dan Rus­liadi (ABK).

Sementara 13 penum­pang bernama Manuel Mes­quita (Portugal), Pedro Oliveira (Portugal), Macau­lay Edwards (Australia), Aaron Wrights (Amerika Serikat). Kemudian lima orang berasal dari Irlandia. Masing-masing bernama Jack Clohessy, Colm O Dubhghaill, Max Meriman, Luk Meriman dan Eoghan Cutmore.

Selanjutnya Lulius Mik­los dari Rumania, Guil­herme Fonseca (Brazil), Stanley Sugiarto (Indonesia) dan San Martin Gracia yang berasal dari Spanyol. (rul)

Exit mobile version