Close

(Zulhamdi Nova Candra) Anggota DPRD Bukittinggi, Bangun Generasi yang Sehat dengan Olahraga

Zulhamdi Nova Candra Anggota DPRD Kota Bukittinggi.

BUKITTINGGI, METRO–Perhatian Anggota DPRD Bukittinggi Zulhamdi Nova Candra terhadap dunia olahraga, tidak dira­gukan. Selain dipercaya sebagai Ketua Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Bukittinggi, selaku anggota dewan, ia juga terus memberikan perhatian kepada KONI Bukittinggi sebagai lembaga otoritas ke­olahragaan. Buktinya, tahun anggaran 2021 ini, Zulhamdi Nova Candra mengarahkan, anggaran pokok pokok pikiranya (Pokir)  sebesar Rp 62 juta terhadap pengadaan kelengkapan KONI Bu­kittinggi.

Dari dana itu, KONI Bukittinggi memanfaatkan bantuan tersebut, untuk pengadaan baju seragam, baju training dan sepatu KONI. Anggota DPRD Bukittinggi Zulhamdi Nova Candra menjelaskan, bantuan itu diberikan untuk lebih menggiatkan KONI Bukittinggi sebagai “induk” organisasi olahraga. Karena sangat disadari anggaran untuk KONI sangat minim. Sementara kegiatan cukup banyak, dalam pengembangan, pembinaan dan pengelolaan prestasi olahraga.

”Secara umum fungsi KONI mendidik membina mengawasi agar seluruh cabang olahraga (Cabor) dapat bergerak. Kami berharap, KONI lebih sering mengevaluasi kepada Cabor dan meningkatkan pembinaan. Bagaimana administrasi lebih dimak­simakan, sesuai aturan hukum yang berlaku,” ujar Candra, kemarin.

Selanjutnya, politisi partai Nasdem itu juga mengharapkan bagaimana pemerintah dapat me­rencanakan adanya sport center di Bukittinggi.

Namun, yang tidak kalah penting, bagaimana dari Koni dapat merapikan administrasi terkait data base pemain (atlet -red), pengurus cabor dan pelatih. Koni juga diharapkan bisa memilah mana kebutuhan prioritas dari setiap cabor. ”Data base itu harus ada di Koni dan harus ada juga di cabor,” tegas Candra.

Selaku Ketua PCI Bukittinggi, Zulhamdi Nova Candra menjelaskan, bahwa Crisket merupakan salah satu olah pendatang baru di Kota Jam Gadang Bukittinggi.

Program pertama, tentunya bagaimana olahraga ini disosialisasikan dan dikembangkan di tengah-tengah  masyarakat Bukittinggi. “Alhamdulillah banyak anggota dari PCI merupakan guru. Sehingga di­programkan untuk mensosialisasikan olahraga ini mulai dari tingkat sekolah,” ujar Candra.

Saat ini baru ada satu club cricket di Bukittinggi. Candra juga menargetkan atletnya nanti bisa meraih medali pada Porprov 2022.  Di mana Porprov Sumbar 2022 rencananya dilaksanakan di Padang­panjang dan Tanahdatar.

Selain itu bisa mewakili  Sumbar untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024 mendatang. ”Peluang untuk medali ada di Porprov Sumbar. Karena hingga kini, baru ada 13 kabupaten dan kota di Sumbar yang memiliki Cabor Cricket. Tapi intinya bagaimana membangun generasi yang sehat melalui olahraga dan prestasi itu akan menyusul dengan sendirinya,”ujarnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top