Menu

Zonasi Investasi Tambak Udang Perlu Diatur, Gubernur Minta Bupati dan Wali Kota Padang Buat RTRW 

  Dibaca : 53 kali
Zonasi Investasi Tambak Udang Perlu Diatur, Gubernur Minta Bupati dan Wali Kota Padang Buat RTRW 
TAMBAK UDANG—Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, saat menyaksikan salah satu tambak udang di Tiku Kabupaten Agam, Jumat (20/8).

PADANG, METRO–Prospek tambak udang vaname di Provinsi Su­matera Barat (Sumbar) sangat besar. Karena tujuh dari 19 kabupaten dan kota di daerah ini pesisir pantai yang sangat cocok untuk usaha tersebut. Namun untuk mengem­bang­kan­nya harus diiringi dengan kepedulian terhadap ling­kungan.

“Kita sangat mendu­kung tumbuhnya usaha produktif seperti tambak udang ini. Karena akan membantu menggerakkan perekonomian daerah. Na­mun dalam pembua­tan­nya harus benar-benar memperhatikan ling­ku­ngan agar tidak terjadi pencemaran,” kata Gu­bernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, saat meninjau salah satu tambak udang di Tiku Kabupaten Agam, Jumat (20/8).

Mahyeldi mengatakan, ada syarat-syarat terkait lingkungan yang perlu di­perhatikan oleh ma­sya­rakat yang ingin membuat usaha tambak udang. Sa­lah satunya jarak dari bibir pantai minimal 100 meter.

Selain itu, juga harus diperhatikan tempat pem­buangan limbah yang ha­rus sesuai dengan aturan. Sehingga tidak terjadi pen­cemaran yang akan me­rugikan masyarakat se­kitar.

Untuk itu Mahyeldi me­ngimbau bupati dan wali kota yang memiliki daerah pesisir pantai, untuk se­gera membuat RTRW yang mengatur zona investasi tambak udang.

Dengan demikian, pros­pek tambak udang bisa terus dikembangkan tanpa melanggar aturan. Sehing­ga ekonomi masyarakat terus bergerak. Apalagi tambak udang juga menye­rap cukup banyak tenaga kerja dan pemasarannya juga sangat luas hingga ke luar negeri.

Pemilik tambak u­dang, Zamzani me­nga­takan, u­sa­ha yang dige­lutinya itu baru dilakukan empat bu­lan terakhir de­ngan luas area sekitar 2,5 hektare.

Dia menyebut sebelum membuka usaha telah ber­konsultasi dengan pihak-pihak yang memahami aturan tentang tambak udang.”Kami berusaha se­maksimal mungkin untuk mengembangkan usaha tetapi tetap sesuai dengan aturan,” katanya. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional