Menu

Zona Merah, Warga UKS Dibekali Mitigasi Bencana

  Dibaca : 73 kali
Zona Merah, Warga UKS Dibekali Mitigasi Bencana
MITIGASI BENCANA— Warga di Kelurahan Ulak Karang Selatan (UKS), dilatih mitigasi bencana untuk lebih siap menghadapi bencana, dan meminimalisir korban jiwa jika terjadi bencana. (ade syaf putra/posmetro)

UKS, METRO – Berada di daerah zona tsunami, warga di Kelurahan Ulak Karang Selatan (UKS), Kecamatan Padang Utara, dilatih mitigasi bencana. Dengan pelatihan tersebut, diharap warga lebih siap menghadapi bencana, dan meminimalisi korban jiwa jika terjadi bencana.

Nurmalis (47), salah seorang peserta dari Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kelurahan, bersyukur dengan pelatihan mitigasi bencana. Karena, warga mendapat ilmu, dan jika terjadi bencana warga tidak panik menghadapinya.

“Selama ini banyak warga yang tak paham pada konsep penyelamatan jika gempa terjadi, sehingga tak heran korban berjatuhan. Dengan mitigasi bencana, kita inginkan warga dapat memahami konsep ini serta banyaknya korban berjatuhan tidak terlihat nantinya,” sebut Nurmalis.

Selain itu, pelatihan mitigasi bencana memang harus dilaksanakan pada tiap-tiap daerah dan kelurahan. Ini agar kualitas para kelompok siaga bencana tetap eksis dan mereka yang ikut dapat memberikan pemahaman dengan baik pada warga atau lingkungannya.

Sementara itu, Lurah Ulak Karang Selatan, Irnovriadi membenarkan pelatihan mitigasi bencana sudah selesainya dilaksanakan. Untuk mitigasi bencana, pesertanya dari perwakilan warga pada RW dan RT, hingga para kelompok bencana lain. “Pemberdayaan ini dananya berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang ada di BPKA Padang,” ujarnya.

Kemudian, pemberdayaan lain yang usai dilaksanakan sambungnya ialah pemberdayaan peningkatan bagi para nelayan, bimbingan teknis PKK Kelurahan dan RW, RT.

“Kita berharap dengan kegiatan yang diikuti peserta, wawasan mereka bertambah dan warga setempat bisa mengubah pola pikir ke arah lebih baik,” paparnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional