Menu

Yusuf Lubis Buka MTQ Pasaman ke-48

  Dibaca : 79 kali
Yusuf Lubis Buka MTQ Pasaman ke-48
Bupati Pasaman Yusuf Lubis saat meresmikan Islamic Senter Pondok Al-Quran dan membuka MTQ ke 48 tingkat Kabupaten Pasaman.

PASAMAN, METRO
Musabaqah Tilawatil Quran merupakan media dakwah dan syiar keagamaan dalam rangka meningkatkan motivasi masyarakat untuk mempelajari dan memahami nilai-nilai isi kandungan Al-Quran.

Demikian dikatakan Yusuf Lubis saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 tingkat kabupaten Pasaman sekaligus peresmian Islamic Center di Lubuk Sikaping beberapa hari yang lalu.

Dikatakan Bupati Yusuf Lubis, Pembangunan Islamic Center ini adalah wujud nyata dari pelaksanaan misi Pemerintah kabupaten Pasaman, dan ini adalah mimpi masyarakat kabupaten Pasaman yang telah menjadi kenyataan.

Bupati Pasaman mengucapkan selamat datang dan selamat berlomba kepada para kafilah se kabupaten Pasaman di kecamatan Lubuk Sikaping. Utarakan niat yang tulus dan Ikhlas untuk mempelajari nilai-nilai Al-Quran dan nilai nilai Agama, tetaplah berjiwa sportif.

Sementara disisi lain Ketua pelaksana MTQ tingkat Kabupaten Pasaman Nina Darmayanti memaparkan dasar pelaksanaan keputusan Bupati Pasaman nomor 188.45/51/BUP-PAS/2020 tentang penunjukan kecamatan Lubuk Sikaping sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke-48 tingkat kabupaten Pasaman tahun 2020 dan keputusan Bupati Pasaman nomor 188.45/587/BUP-PAS/2020 tentang Membentuk Panitia pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQ) ke-48 tingkat kabupaten Pasaman tahun 2020 di kecamatan Lubuk Sikaping tahun 2020.

Nina menambahkan adapun tujuan pelaksanaan MTQ ke-48 tingkat kabupaten Pasaman yakni memasyarakatkan Quran melalui peningkatan, pemahaman, pendalaman serta pengamalan isi kandungan Al-Quran.

Mengaktualisasikan falsafah adat basandi sarak, Sarak basandikan kitabullah dalam kehidupan sehari hari. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat kepada Allah swt dimasa Covid-19. Meningkatkan ukhuwah islamiyah melalui jalinan baca Al-Quran pada MTQ ke 48 tingkat kabupaten Pasaman.

Adapun yang dilombakan dan tempat pelaksanaannya adalah Qiraat Sabah dan Tilawah Dewasa di Pasaman Islamic Center, Tahfidz 1 dan 5 juz Tilawah di Masjid Al Ikhlas Panapa, Tahfidz 1 dan 5 juz non Tilawah di Masjid Raya Panapa Durian Tinggi, Tartil Menengah dan Umum di Masjid Raya Koto Randah, Tartil Dasar dan Tilawah kanak kanak di Masjid Ath Tharah kodim 0305/Pasaman, Tilawah Anak anak dan Tilawah Remaja di Masjid Raya Tanjung Beringin, Khutbah Jumat di Masjid Baiturahmah Sei Pandahan, Kitab Standar di Aula SD 05 Pauh, Musabaqah Fahmil Quran di MTSN 1 Pasaman, Khatil Quran (kaligrafi) di SMA Negeri 2 Lubuk Sikaping, Tafsir Bahasa Indonesia di Masjid Taqwa Jambak, Musabaqah Syarhil Quran di Aula kantor camat Lubuk Sikaping, Musabaqah Makalah Ilmu Quran (MMIQ) di STAI Lubuk Sikaping.

Nina berharap palaksanaan MTQ ke 48 tingkat Kabupaten Pasaman berjalan aman dan lancar disamping itu ia juga berharap dengan dilaksanakannnya Musabaqoh Tilawatil Qur’an ini dapat melahirkan para Qori-qoriah, pendakwah, ahli kitab yang handal yang mampu bersaing nantinya ditingkat Provinsi hingga Nasional. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional